Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

Banner Rekrutmen Caleg Berhadiah Rp 500 Juta Milik PAN Tulungagung Hilang Misterius

Penulis : Anang Basso - Editor : A Yahya

25 - Mar - 2023, 18:40

Ketua DPD PAN Kabupaten Tulungagung, Fendy Yanuar Marhaendra/ Foto : Dok Pribadi for Tulungagung Times
Ketua DPD PAN Kabupaten Tulungagung, Fendy Yanuar Marhaendra/ Foto : Dok Pribadi for Tulungagung Times

JATIMTIMES - Semua banner milik Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Tulungagung yang berisi pengumuman rekrutmen Calon Legislatif Pemilu 2024, raib. Hilangnya seluruh banner yang dipasang di lokasi strategis di seluruh wilayah Kabupaten Tulungagung ini diungkap Ketua DPD PAN, Fendy Yanuar Marhaendra, Sabtu (25/3/2023).

"Kami mendapatkan laporan dari pengurus kecamatan, bahwa semua banner pengumuman rekrutmen calon legislatif yang kita pasang telah hilang," kata Yanuar.

Baca Juga : Legislator Surabaya Sampaikan Pentingnya Jembatan Jambangan ke Karang Pilang 

 

Hilangnya banner PAN untuk perekrutan calon legislatif ini diduga karena partai bergambar matahari ini menawarkan reward bagi caleg terpilih hingga Rp 500 juta rupiah.

"Kita menyayangkan hilangnya banner ini, padahal dengan penawaran reward Rp 500 juta ini ada beberapa orang yang menghubungi pada nomor yang tertera dan menyatakan bersedia menjadi calon legislatif dari partai kita," ujarnya.

Selain itu, politisi yang duduk tiga periode di DPRD Kabupaten Tulungagung ini menduga hilangnya banner ini lantaran "pihak lain" tidak punya strategi untuk menyaingi cara PAN meraih simpati masyarakat untuk mendaftarkan diri sebagai calon legislatif.

"Kita menyayangkan, karena seluruh banner yang hilang. Kita menduga pihak lain yang sengaja mencabut banner karena tidak ingin masyarakat yang punya kesempatan kemudian mendaftar untuk menjadi caleg dari partai kita," ungkap Yanuar.

Meski telah hilang dan menduga ada yang sengaja mengambil, DPD PAN belum berencana melaporkan kejadian ini ke pihak berwajib.

"Untuk laporan belum ada rencana, saat ini kita konsen melakukan persiapan dan konsolidasi pada bakal caleg kita karena banyak persyaratan yang nantinya harus dipenuhi," imbuhnya.

Seperti diketahui, untuk menjaring minat masyarakat, utamanya yang punya peluang besar duduk sebagai anggota legislatif, Partai Amanat Nasional (PAN) Tulungagung memberikan reward menggiurkan.

Dari spanduk atau banner yang terpasang di berbagai tempat, bagi masyarakat yang ingin menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tulungagung dari PAN pada Pemilu 2024 nanti, akan mendapatkan penghargaan berupa uang sebesar Rp 500 juta.

Uang ini diperuntukkan bagi calon legislatif terpilih dengan aturan yang telah disepakati partai sebelumnya.

Baca Juga : Diseruduk Dua Vario, Satu Pengendara Revo di Tulungagung Tewas 

 

Reward atau penghargaan ini telah disepakati di Rapat Kerja Wilayah DPD PAN Jawa Timur.

Pemberian reward ini dengan syarat dan ketentuan, m saatisalnya, perolehan suara pribadi yang didapatkan bukan hasil dari suara yang sudah ditambah perolehan suara caleg lainnya.

Jika dalam satu kursi, seorang caleg memenuhi harga satu kursi. Suatu misal, jika harga satu kursi ini senilai 10.000 suara, maka caleg yang memperoleh penghargaan adalah yang mendapatkan suara sebesar itu.

Sedangkan bagi caleg yang belum beruntung akan dapat ganti dengan perhitungan minimal (dapat) 400 suara. Maka dapat (caleg) dapat ganti per suara 50 ribu rupiah.

Ketentuan itu sudah diberlakukan sejak periode 2014 - 2019 di Kabupaten Tulungagung.

Sedangkan untuk Caleg PAN yang berhasil duduk di DPRD Propinsi Jawa Timur, dengan ketentuan yang sama akan memperoleh penghargaan sebesar 1 milyar rupiah.


Topik

Politik


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anang Basso

Editor

A Yahya