Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pendidikan

KPPN Blitar Edukasi Mahasiswa Unisba Tentang Keuangan Negara di 'Treasury Goes To Campus

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : A Yahya

21 - May - 2024, 20:10

Placeholder
Kegiatan Treasury Goes to Campus digelar di Unisba Blitar.(Foto: Aunur Rofiq/JatimTIMES)

JATIMTIMES- Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar bekerja sama dengan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Blitar mengadakan acara bertajuk "Treasury Goes To Campus" yang dilangsungkan di Aula Majapahit Kampus Unisba Blitar. Kegiatan yang diselenggarakan pada hari Selasa, 21 Mei 2024 ini merupakan hasil kolaborasi antara Program Studi Administrasi Negara FISIPOL Unisba Blitar, Program Studi Manajemen Unisba Blitar, dan KPPN Blitar.

Acara tersebut menghadirkan dua narasumber utama, yaitu Arinto Sujatmono, yang menjabat sebagai Kepala KPPN Blitar, serta Djoko Dwi Soesanto, Kepala Seksi MSKI. Kegiatan ini diikuti oleh sejumlah mahasiswa dari Program Studi Administrasi Negara dan Program Studi Manajemen Unisba Blitar, yang antusias mengikuti seluruh rangkaian acara dan mendapatkan banyak pengetahuan baru mengenai topik yang dibahas. 

Baca Juga : Kumpulkan 18 PO Bus, Dishub Kota Malang Sosialisasikan Sistem Manajemen Keselamatan

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL) Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar, Endah Siswati, menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya acara ini. Sebagai kegiatan perdana yang diadakan di Unisba Blitar, acara ini memberikan banyak pengetahuan baru bagi para mahasiswa, terutama terkait Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Endah berharap acara serupa dapat terus dilaksanakan untuk terus meningkatkan wawasan dan pemahaman mahasiswa. 

"Kami mengapresiasi banget acara ini. Dalam kegiatan ini, KPPN berbagi info dengan kita terkait berbagai persoalan yang menjadi lingkup kerjanya KPPN. Nah, yang seri pertama ini berbicara mengenai APBN. KPPN memang ingin menjelaskan kepada masyarakat, termasuk mahasiswa, apa itu APBN, bagaimana APBN Negara, berapa APBN Negara, bagaimana APBN untuk pemerintah daerah, dan apa tugas serta fungsinya KPPN dalam mengelola keuangan Negara," ujar Endah.

Endah juga menekankan pentingnya acara ini bagi mahasiswa. Mengingat beberapa mata kuliah dalam Program Studi Administrasi Negara dan Manajemen secara langsung terhubung dengan tugas, fungsi, dan cakupan kerja Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN).

"Ada mata kuliah yang berkaitan sekali dengan lingkup kerja dan fungsinya KPPN. Di kegiatan bersama KPPN ini, mahasiswa kita dapat dua-duanya, teorinya dapat dan prakteknya di lapangan juga dapat. Mahasiswa bisa belajar banyak, karena mereka bisa langsung tanya jawab dengan kepala KPPN," tambahnya.

Dalam pemaparannya, Arinto Sujatmono, yang menjabat sebagai Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Blitar, menguraikan tujuan dari kegiatan ini. Menurutnya, kegiatan tersebut difokuskan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada mahasiswa terkait dengan konsep Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), serta pentingnya peran mereka dalam proses pengelolaan keuangan negara.

 “Kami ucapkan terima kasih kepada pihak Unisba Blitar yang telah memfasilitasi agar kegiatan ini bisa terlaksana. Kami berharap melalui kegiatan ini, mahasiswa dapat menjadi agen perubahan yang proaktif dan terampil dalam menyumbangkan gagasan serta solusi yang inovatif terkait pengelolaan keuangan Negara," kata Arinto.

Ia juga berharap bahwa melalui kegiatan ini, pemahaman generasi muda mengenai kebijakan pengelolaan keuangan negara dapat diperluas. "Melalui kegiatan ini, diharapkan mahasiswa dapat menjadi agen perubahan yang proaktif dan terampil dalam menyumbangkan gagasan serta solusi yang inovatif terkait pengelolaan keuangan negara. KPPN Blitar berkomitmen untuk terus mendukung dan menginspirasi generasi muda dalam memahami dan mengambil bagian aktif dalam pembangunan ekonomi negara," tandasnya.

Baca Juga : Puskesmas Sukorejo Kota Blitar Resmi Buka Layanan PONED dan UGD 24 Jam

Djoko Dwi Soesanto, Kepala Seksi MSKI KPPN Blitar, menjelaskan tentang sumber penerimaan negara, khususnya tentang perpajakan secara gamblang dan mendetail. "Kami harap melalui kegiatan ini, para mahasiswa Unisba Blitar dapat memiliki pemahaman yang utuh tentang keuangan negara, khususnya APBN baik dari sisi penerimaan maupun belanja negara," ungkap Djoko.

Kegiatan ini tidak hanya memberikan pemahaman teori, tetapi juga pengalaman praktis bagi para mahasiswa. Mereka mendapatkan kesempatan untuk berdialog langsung dengan para ahli di bidang keuangan negara, yang diharapkan dapat memperkuat pengetahuan mereka dan memberikan wawasan baru yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan karier mereka di masa depan.

"Kedepan, kita berharap kegiatan bersama KPPN ini bisa berseri. Jadi tidak sekali ini saja. Ini baru pertama, jadi nanti akan ada bahasan-bahasan berikutnya yang berkaitan dengan keuangan negara," pungkas Endah Siswati.

Dengan kegiatan seperti "Treasury Goes To Campus", diharapkan generasi muda, khususnya mahasiswa Unisba Blitar, dapat lebih memahami dan berperan aktif dalam pengelolaan keuangan negara. Hal ini sejalan dengan visi KPPN Blitar untuk mendukung dan menginspirasi generasi muda dalam pembangunan ekonomi negara.


Topik

Pendidikan unisba blitar kppn blitar Endah Siswati arinto sujatmono



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

A Yahya