Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pendidikan

Uniska Kalimantan Jalin Kerjasama dengan UIN Maliki Malang, Networking Kampus Ulul Albab Kian Luas

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Dede Nana

20 - May - 2024, 15:28

Placeholder
Rektor UIN Maliki Malang, Prof Dr HM Zainuddin MA (dua dari kanan), saat melakukan penandatanganan kerjasama dengan perwakilan Uniska Kalimantan (ist)

JATIMTIMES - Melakukan kunjungan kerja di Kalimantan, Rektor Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, Prof  Dr HM Zainuddin MA terus memperluas jejaring kerja Kampus Ulul Albab. Dalam kesempatan bertandang ke Kalimantan belum lama ini, pihaknya menjalin kerjasama dengan Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari (Uniska) Banjarmasin

Dalam paparannya, Prof Dr Zainuddin  MA menyampaikan, bahwa kemitraan yang terjalin tentunya diharapkan memberikan banyak dampak positif bagi kedua belah pihak. Berbagai rencana strategis dalam kerjasama tentunya akan disusun dengan matang dalam cakupan Tri Dharma Perguruan Tinggi. 

Baca Juga : Rektor UIN Maliki Malang Lantik Pengurus IKA Alumni Wilayah Banjarmasin Kalimantan Selatan 

Kerjasama nantinya akan merambah pada berbagai aspek, baik dalam bidang pendidikan, pengajaran, penelitian, pengabdian masyarakat, dan pengembangan sumber daya manusia. 

Lebih dari itu, aspek-aspek dalam kerjasama ini nantinya akan terus dioptimalkan dan dikembangkan agar memberikan imbas positif dan kemajuan lembaga. UIN Maliki Malang telah banyak bekerja sama dengan berbagai instansi-instansi besar, baik dalam maupun luar negeri.

UIN Maliki Malang sendiri selalu terbuka untuk menjalin sinergitas dengan berbagai pihak, yang tentunya diharapkan dapat simbiosis mutualisme atau sama-sama memberikan manfaat positif.

"Komitmen kami adalah untuk bersama-sama maju, terutama bagi lembaga-lembaga Islam," ujar Prof Zainuddin.

Lebih lanjut, Prof Zainuddin juga memaparkan terkait roadmap pengembangan kampus UIN Maliki Malang. UIN Maliki Malang memiliki distingsi, di mana dalam implementasinya mengedepankan konsep integrated learning model. 

"Semua mahasiswa baru wajib tinggal di ma’had selama satu tahun untuk memperdalam tradisi keagamaan," jelasnya. 

Baca Juga : Selain Skripsi, Unikama Beri Opsi Mahasiswa Ambil Tugas Akhir Menerbitkan Artikel Ilmiah

Selain itu, UIN Maliki Malang juga memiliki markazul lughat, pusat pengembangan bahasa asing, dan Haiah Tahfidz Qur’an (HTQ) yang membina 2.500 mahasiswa penghafal al-Qur’an. Melalui pembinaan ini, telah banyak para penghafal Al-Qur'an yang dicetak oleh UIN Maliki Malang.

Dari sisi akademik atau pun akreditasi kelembagaan, UIN Maliki Malang telah terakreditasi Unggul. Selain itu, banyak juga Fakultas di UIN Maliki Malang yang telah terakreditasi Unggul maupun terakreditasi internasional. 

Sumberdaya manusia yang ada pun sangatlah mumpuni. Belum lagi UIN Maliki Malang telah memiliki puluhan Guru Besar yang banyak menyumbangkan pemikiran brilian. Pihaknya berharap, penandatanganan kerjasama yang telah terjalin, semakin menguatkan sinergi dan memperkuat posisi kedua universitas dalam membangun masyarakat yang lebih berkelanjutan dan inklusif. 

"Kami berkomitmen untuk menjaga hubungan ini dengan baik dan mengoptimalkan potensi kolaboratif kami," pungkasnya.


Topik

Pendidikan uin maliki malang uniska banjarmasin networking kampus islam rektor uin maliki malang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Dede Nana