Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pendidikan

Selain Skripsi, Unikama Beri Opsi Mahasiswa Ambil Tugas Akhir Menerbitkan Artikel Ilmiah

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Nurlayla Ratri

19 - May - 2024, 19:08

Placeholder
Rektor Unikama, Dr Sudi Dul Aji MSi, bersama jajaran melaksanakan Konferensi pers terkait pelaksanaan wisuda semester genap 2022/2023 (ist)

JATIMTIMES - Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) mulai memberikan opsi pengganti tugas akhir kepada para mahasiswa. Pengganti tugas akhir ini adalah artikel jurnal. 

Hal ini disampaikan Rektor Unikama, Dr Sudi Dul Aji MSi. Menurutnya, pilihan ini tentu akan memudahkan mahasiswa menyelesaikan tugas akhir sesuai minat. Artinya, tidak hanya skripsi yang menjadi hal untuk menyelesaikan tugas akhir, tetapi ada pilihan lain.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Outerwear Pria 2024: Berkualitas, Nyaman dan Stylist

"Jadi skripsi tidak satu-satunya untuk tugas akhir, ada artikel, prototype dan karya-karya lain yang memang mendukung tugas akhir. Jadi kita punya kebijakan itu," paparnya.

Penerapan artikel sebagai pengganti skripsi, disampaikan Rektor telah dimulai sejak tahun ini. Hampir semua Program Studi (Prodi) telah menerapkan pembuatan artikel sebagai pengganti skripsi. Penerapan kebijakan inipun telah dimanfaatkan mahasiswa dengan membuat artikel untuk pengganti tugas akhir. 

“Jadi kan ada ujian-ujian, di mana mereka bisa mempertahankan argumennya dan artikelnya. Bobotnya samalah dengan skripsi,” terangnya. 

Lebih lanjut, bahwa pilihan bagi mahasiswa untuk menerbitkan artikel sebagai pengganti tugas akhir, minimal adalah Sinta 2. Kredit poin pada jurnal ini cukuplah tinggi. 

"Jadi mahasiswa sejak semester 6 sudah boleh memilih apakah skripsi atau artikel. Kalau memilih artikel akak ditentukan pendampingnya, begitupun skripsi," terangnya.

Baca Juga : Mahasiswa UIN Maliki Malang Sabet Gold Medal di Kompetisi Internasional 

Salah satu mahasiswa yang memanfaatkan opsi pilihan artikel sebagai tugas akhir adalah Cindy Nada Gisella dari Fakultas Ilmu Pendidikan, Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) angkatan 2021.

Saat ini ia telah lulus dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3.96 dan lama studi 7 semester. Bahkan ia juga menjadi lulusan terbaik pada wisuda semester ganjil. 

"Saya lulus tanpa skripsi, tapi membuat artikel. Artikel saya masih dalam tahap review di Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), Sinta 2," ungkapnya.


Topik

Pendidikan Unikama Universitas Kanjuruhan Malang prestasi mahasiswa pengganti skripsi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Nurlayla Ratri