Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Hiburan, Seni dan Budaya

Festival Kresnayana Memukau di Gedung Cak Durasim Surabaya: Pemkab Blitar Dongkrak Ekonomi Lewat Seni

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

19 - May - 2024, 16:27

Placeholder
Bupati Blitar Rini Syarifah bersama tamu undangan dan pemain Sendratari Kresnayana di Surabaya.(Foto: Pemkab Blitar)

JATIMTIMES- Pemerintah Kabupaten Blitar terus melakukan berbagai upaya maksimal untuk mempromosikan potensi wisata dan potensi unggulan lainnya guna meningkatkan ekonomi masyarakat. 

Salah satu langkah nyata yang diambil adalah melalui promosi wisata seni budaya, yang digelar melalui berbagai acara di dalam dan luar Kabupaten Blitar. Salah satu acara istimewa tersebut adalah pagelaran kolaborasi Kresnayana yang berlangsung di UPT Taman Budaya Cak Durasim Surabaya pada Sabtu, 18 Mei 2024.

Baca Juga : Ruben Onsu Mendadak Dilarikan ke Rumah Sakit, Selang EKG Jadi Sorotan

Acara ini juga memiliki makna khusus karena turut memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-46 UPT Taman Budaya Gedung Cak Durasim. Dalam kesempatan tersebut, Bupati Blitar Hj. Rini Syarifah menyampaikan ucapan selamat ulang tahun bagi UPT Taman Budaya Gedung Cak Durasim. 

Selain itu, ia juga menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur yang telah memberikan ruang bagi para pelaku UMKM dan seniman Kabupaten Blitar untuk unjuk karya melalui Sendratari Kresnayana.

"Kami sangat berterima kasih kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur karena telah memberikan kesempatan ini. Pagelaran Sendratari Kresnayana mengambil lakon Suryaning Jagad atau penerang dunia, yang menggambarkan sifat adil dan bijaksana Sri Kresna sebagai Awarta Wisnu, sang penerang dunia," ungkap Bupati Rini.

Bupati perempuan pertama di Kabupaten Blitar ini juga mengajak seluruh penonton untuk meneladani sikap dan sifat Sri Kresna, yang meskipun menghadapi tantangan berupa kesombongan, keserakahan, dan ambisi, tetap menjadi pelindung kedamaian dengan perisai tajam Cakra Sudarsana. 

"Semoga kita semua bisa terus berbenah diri, menjadi pribadi yang rendah hati, bijak, serta memiliki rasa welas asih kepada sesama," tambahnya.

Dalam acara tersebut, suasana khas Kabupaten Blitar terasa begitu kental dan nyata, meskipun acara digelar di kota Surabaya. Mulai dari dekorasi, pameran produk-produk UMKM, hingga penampilan seni tari yang ditampilkan, semuanya berhasil menghadirkan nuansa dan budaya Blitar yang autentik, seolah-olah para pengunjung sedang berada di Kabupaten Blitar sendiri.

"Hari ini, meski berada di Surabaya, serasa sehari di Kabupaten Blitar. Dari pintu masuk hingga di dalam gedung, kita disuguhkan karya-karya terbaik dari UMKM maupun seni tari dari Kabupaten Blitar. Semoga hal ini berkenan di hati seluruh yang hadir," lanjut Rini Syarifah.

Rini berharap kegiatan serupa bisa dilaksanakan secara kontinu sebagai ajang promosi budaya dan potensi daerah. Ia juga mengajak semua yang belum pernah mengunjungi Kabupaten Blitar, yang dikenal dengan sebutan Land of Kings (tanah para raja), untuk melihat langsung potensi luar biasa di sana, mulai dari wisata, pertanian, perkebunan, hingga peternakan.

"Semoga kolaborasi dan kerjasama seni budaya ini dapat menjadi jaringan promosi wisata antar daerah, menginspirasi, mengedukasi, sekaligus menghibur kita semua," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, Evy Afianasari, S.T, M.M.A, juga menyampaikan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Blitar atas kontribusinya dalam melestarikan seni dan budaya. 

Ia menekankan bahwa Gedung Cak Durasim bertujuan sebagai ajang ekspresi dan apresiasi bagi para seniman Jawa Timur untuk mengenalkan sejarah dan kebudayaan Jawa Timur yang sarat dengan nilai dan pesan moral kebaikan.

"Kita memang memilih sebuah penampilan yang sudah dikurasi oleh teman-teman Taman Budaya. Hasilnya adalah pertunjukan seni tari gerak dan lagu Kresnayana. Harapan saya, pertunjukan ini benar-benar membangkitkan gairah keingintahuan anak muda. Anak muda adalah kekuatan Indonesia, jadi jangan sampai mereka lupa dengan sejarahnya," tutur Evy.

Baca Juga : PCNU Kabupaten Malang Siap Kerahkan 13 Ribu Kader Sukseskan Survei Database Sosek

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Blitar, Suhendro Winarso, menjelaskan bahwa Opera Wayang Kresnayana merupakan pagelaran sendratari yang mengangkat ketokohan Sri Kresna dalam membawa pesan perdamaian dunia.

"Kisah Kresnayana ini juga dapat kita jumpai pada relief Candi Penataran yang ada di Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar," tambah Suhendro.

Usai acara, Ketua Dekranasda Kabupaten Blitar, H. Zaenal Arifin, menyampaikan dukungan penuh terhadap kegiatan tersebut dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan kesempatan bagi pelaku UMKM Kabupaten Blitar untuk memasarkan hasil karyanya. Ia berharap, event serupa bisa kembali digelar dan menggandeng UMKM lebih banyak lagi.

“Kami sangat mendukung kegiatan Festival Kresnayana ini dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan kesempatan bagi para pelaku UMKM Kabupaten Blitar untuk memasarkan hasil karyanya,” ucap Zaenal.

"Event seperti ini tidak hanya membantu memperkenalkan produk lokal, tetapi juga memperkuat jaringan dan kolaborasi antar pelaku usaha. Kami berharap kegiatan serupa dapat terus digelar di masa depan, menggandeng lebih banyak UMKM, sehingga manfaatnya dapat dirasakan lebih luas oleh masyarakat. Semoga kolaborasi ini dapat terus berlanjut dan memberikan dampak positif bagi ekonomi daerah,” imbuhnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai pejabat dan camat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Blitar, serta para konsul negara asing seperti Jepang dan Australia. Selain itu, acara ini juga menarik perhatian akademisi, mahasiswa, dan seniman Jawa Timur, menambah semarak dan kesuksesan pagelaran Festival Kresnayana kali ini.

Festival Kresnayana yang digelar di UPT Taman Budaya Cak Durasim Surabaya tidak hanya menjadi ajang pameran seni dan budaya, tetapi juga berhasil menjadi sarana efektif untuk mempromosikan potensi Kabupaten Blitar. Dengan menampilkan berbagai karya seni tari, produk UMKM, dan warisan budaya yang kaya, acara ini berhasil memikat hati para pengunjung dan menumbuhkan rasa ingin tahu yang mendalam tentang Kabupaten Blitar. 

Dukungan dari berbagai pihak, mulai dari pemerintah daerah, pelaku seni, hingga konsul negara asing, menunjukkan betapa pentingnya kolaborasi dalam upaya melestarikan budaya dan meningkatkan ekonomi daerah.
Festival Kresnayana benar-benar memberikan energi baru dan semangat untuk terus melestarikan budaya dan memajukan ekonomi Kabupaten Blitar semakin berkobar.

 Acara ini tidak hanya menjadi sebuah perayaan, tetapi juga menjadi langkah nyata dalam mengangkat potensi daerah dan memperkenalkannya ke kancah yang lebih luas. Semoga Festival Kresnayana terus menjadi inspirasi dan contoh bagi daerah lain dalam upaya memajukan seni, budaya, dan ekonomi lokal.


Topik

Hiburan, Seni dan Budaya Pemkab Blitar pagelaran budaya kresnayana



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Sri Kurnia Mahiruni