Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Hukum dan Kriminalitas

Bikin Resah, Sejumlah Pengendara Gunakan Knalpot Brong di Jalan Ijen Diamankan Polisi

Penulis : Irsya Richa - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

17 - May - 2024, 15:59

Placeholder
Petugas saat mengamankan pengendara yang menggunakan knalpot brong di jalan Ijen, Kecamatan Klojen, Kota Malang pada Kamis (16/5/2024) sore. (Foto: Istimewa)

JATIMTIMES - Polresta Malang Kota terus melakukan tindakan terhadap pengguna knalpot brong yang masih digunakan pengendara saat berada di kawasan tertib lalu lintas. Terbaru polisi telah mengamankan sejumlah pengendara yang meresahkan warga di Jalan Ijen, Kecamatan Klojen, Kota Malang pada Kamis (16/5/2024) sore.

Para pengendara yang menggunakan sepeda motor dengan knalpot tidak sesuai sepsifikasi membuat warga sekitar sempat resah. Keresahan warga muncul saat sejumlah pengendara berkendara melaju hingga freestyle di jalan tersebut.

Baca Juga : Warga Mojorejo Keluhkan Maraknya Pencurian hingga Kenakalan Remaja

Padahal saat itu kondisi lalu lintas tengah ramai lalu lalang kendaraan dari dua arah. Namun dalam video yang beredar di sosial media seakan salah satu pengendara tak memperdulikan hal tersebut.

Kemudian beberapa pengendara tampak nongkrong dan memarkirkan kendaraannya di tepi Jalan Ijen. Mendapati laporan masyarakat adanya sejumlah pengendara motor yang sering nongkrong di seputaran Jalan Ijen, Satlantas Polresta Malang Kota langsung ke lokasi.

“Para pengguna menggunakan knalpot tidak sesuai spesifikasi teknis laik jalan sehingga mengganggu ketertiban dan kenyamanan masyarakat di lingkungan sekitar Jalan ljen, Kota Malang,” ungkap Kasatlantas Polresta Malang Kota Kompol Aristianto Budi Sutrisno.

Petugas pun langsung melakukan penindakan terhadap para pengendara yang melanggar tersebut dengan memberikan tilang di lokasi. Kemudian mereka juga diminta untuk melepas knalpot brong yang digunakan.

“Sejumlah pengendara motor tersebut dilakukan penindakan berupa tilang dan pencopotan knalpot yang tidak sesuai spesifikasi teknis laik jalan,” imbuh Aris, Jumat (17/5/2024).

Selanjutnya knalpot yang tidak sesuai spesifikasi teknis laik jalan itu diamankan di Mapolresta Malang Kota. Kemudian para pengendara diminta untuk mengganti knalpot yang sesuai standart.

Baca Juga : Atasi Pencemaran Laut, Pemkab Situbondo Gandeng Nelayan Bersihkan Pantai

Untuk mengantisipasi hal serupa, pihaknya terus melakukan patroli agar masyarakat tidak resah dengan adanya pengendara yang menggunakan knalpot brong.

Sementara itu dari data Satuan Lalu Lintas Polresta Malang Kota merinci sebanyak 790 unit knalpot brong diamankan sejak bulan Januari hingga April. Terbanyak pada Januari yakni 640 unit. Namun di bulan Februari mengalami penurunan yang drastis, hanya 5 unit yang berhasil diamankan.

Selanjutnya pada bulan Maret, polisi mengamankan 68 knalpot. Disusul bulan April meningkat lagi menjadi 77 knalpot yang disita di Mapolresta Malang Kota.


Topik

Hukum dan Kriminalitas Knalpot Brong razia kendaraan Polresta Malang Kota



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Sri Kurnia Mahiruni