Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pendidikan

Malang Halal Culinary Festival, Kontribusi Unisma Dongkrak Potensi UMKM di Malang Raya 

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

16 - May - 2024, 16:15

Placeholder
Rektor Unisma, Prof Dr H Maskuri MSi saat memberikan sambutan pembuka dalam Malang Halal Culinary Festival 2024 (ist).

JATIMTIMES - Universitas Islam Malang (Unisma) turut berkontribusi dalam upaya mendongkrak potensi para pelaku UMKM di Malang Raya. Hal ini diwujudkan melalui Malang Halal Culinary Festival 2024 yang digelar selama dua hari (15-16/5/2024). 

Sekitar 50 pelaku UMKM, nampak memenuhi halaman depan Unisma. Stand-stand yang ada, terdiri dari banyak jenis olahan kuliner atau minuman yang menggugah selera. Selain itu, juga banyak inovasi-inovasi cemerlang yang ditampilkan para pelaku UMKM dalam olahan kuliner lainnya.

1

"UMKM dengan latar yang beragam, mereka akan terinspirasi dari festival ini. Maka diharapkan mereka akan mengembangkan imajinasi, kreativitas dan inovasi baru para pelaku UMKM," jelas Rektor Unisma, Prof Dr H Maskuri MSi.

Baca Juga : Hadiri Pertemuan Teknis dan Finansial dengan SFD, Rektor UIN Maliki Malang Ungkap Progres Pembangunan Kampus III

Sebelum memulai bisnis, perencanaan bisnis atau business plan menjadi sebuah hal yang penting. Dikatakan Prof Maskuri, bahwa hal itu jadi bagian yang tak bisa terpisahkan dalam mencoba atau membangun kemandirian perekonomian yang kokoh. 

"Bussines plan itu tidak hanya melihat dari sisi ekonomi saja, tapi juga melihat dari sisi keilmuan mereka masing-masing," jelas Prof Maskuri. 

Komitmen dalam upaya pembinaan UMKM ini, tak berhenti hanya sebatas adanya festival. Kedepan, dukungan lebih lanjut akan dilakukan untuk dengan wujud kongkrit pembinaan ataupun pelatihan-pelatihan.

2

"Nanti kita akan lakukan kemitraan dengan perbankan untuk melakukan pembinaan-pembinaan UMKM," terangnya. 

Baca Juga : Ambisi Politik Hengky Kurniawan: Daftar Bakal Calon Bupati di Blitar dan Bandung Barat

Untuk diketahui, selain Malang Halal Culinary Festival, Dies Natalis Unisma ke-43 ini juga diisi dengan berbagai rangkaian kegiatan. Seperti Lomba Business Plan tingkat SMK/SMA/MAN se-Jawa Timur, Lomba banjari se-Jawa Timur, Talk show financial planning haji muda dan Lomba MTQ/Syahril Quran/Tahfidz/Kaligraf.

 


Topik

Pendidikan UNISMA UNISMA malang rektor unisma maskuri bakri UMKM Malang Halal Culinary Festival kuliner malang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Sri Kurnia Mahiruni