Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pendidikan

Gambaran Lama Studi Mahasiswa UIN Malang pada Wisuda Periode 80

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

11 - May - 2024, 16:52

Placeholder
Wisudawan UIN Maliki Malang Periode 80 tahun 2024 (ist)

JATIMTIMES - Ketepatan waktu lulus wisudawan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang pada Wisuda ke 80 Periode II lalu cukup memuaskan dan menunjukkan hasil yang positif. Pada jenjang Sarjana, ada 103 wisudawan dari total 563 wisudawan yang lulus 7 semester. 

Wakil Rektor 1 Bidang Akademik, Prof Dr Umi Sumbullah MAg, menyampaikan bahwa mahasiswa yang lulus dalam 7 semester ini mengalami peningkatan dibandingkan periode sebelumnya. Ada 18,3 persen mahasiswa yang lulus dalam 7 semester.

Baca Juga : Deretan Mobil Mewah Diduga Milik Mahasiswa, Berjejer di Parkiran UB

"Naik 12 persen dibandingkan periode 1 tahun 2024. Luar biasa," katanya beberapa waktu lalu.

Kemudian mahasiswa yang lulus  dalam 8 semester ini juga tumbuh positif. Ada 4,8 persen mahasiswa atau sekitar 27 mahasiswa yang lulus tepat waktu 8 semester. Jumlahnya juga naik dibandingkan dengan periode 1 tahun 2024.

"Kenaikan 3 persen dibandingkan periode sebelumnya," jelas Prof Umi, sapaan akrabnya.

Mahasiswa yang lulus dalam 9 semester ada 49,9 persen atau 281 mahasiswa. Hal ini sesuai dengan Perjanjian Kinerja (Perkin) Rektor 9 bahwa diharapkan paling lambat mahasiswa bisa menyelesaikan studi 9 semester.

Meski begitu, ada penurunan 17 persen jika dibandingkan pada periode I tahun 2024. 
"Mudah-mudahan periode berikutnya yang 8 semester atau 7 semester meningkat," katanya.

Berikutnya mahasiswa yang lulus dalam waktu 10 semester ada 6 wisudawan. Cukup positif karena ada penurunan 1,1 persen dibandingkan dengan periode 1 2024.

Mahasiswa yang berhasil menyelesaikan studi dalam waktu 11 semester ada 67 mahasiswa dan mahasiswi yang menyelesaikan studi 12 semester ada 6 wisudawan. Masing-masing juga menunjukkan penurunan, yakni mengalami penurunan 0,6 dan 0,4 persen dibandingkan periode 1 tahun 2024.

Kemudian, mahasiswa yang menyelesaikan studinya dalam 13 semester ada  55 mahasiswa atau 9,8 persen. Mereka yang lulus pada 13 sementara ini naik 3,2 persen dibandingkan periode 1 2024.

Baca Juga : Chris John Turun Gunung Cari Bibit Berbakat, Bangkitkan Tinju Kampus lewat Ring Tarkam

Dan terkahir mahasiswa yang berhasil menyelesaikan studinya dalam 14 semester ada sekitar 3,2 persen atau 18 mahasiswa. Cukup positif, karena mereka yang menyelesaikan studi pada batas waktu penyelesaian studi ini turun 3,6 persen dibandingkan periode sebelumnya.

"Alhamdulillah, akhirnya lulus dari kampus ini, tidak masalah," paparnya.

Meskipun begitu, mayoritas wisudawan lulus dengan predikat cumlaude. Ada 64,3 persen atau 362 wisudawan dari total 563 wisudawan yang lulus dalam predikat ini. 

Sisanya, ada 34,8 persen atau 196 wisudawan meraih predikat kelulusan Sangat Baik. Kemudian, ada 0,9 persen wisudawan lulus dengan predikat Baik. 

"Rata-rata Indeks Prestasi Komulatif (IPK) 3,56," paparnya.


Topik

Pendidikan UIN Malang uin maliki wisudawan uin malang wisuda



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Sri Kurnia Mahiruni