Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

Heboh, WHO Rekomendasikan Susu Hewan Murni Dibanding Susu Formula untuk Anak 12-23 Bulan

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Dede Nana

06 - May - 2024, 08:56

Placeholder
WHO merilis pedoman pemberian makanan pendamping air susu ibu (MPASI) teranyar. (Foto: X @oxfora)

JATIMTIMES - Belakangan ini para orang tua tengah dibuat heboh munculnya rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) agar anak usia 12-23 bulan mengonsumsi susu hewan murni. Banyak orang tua yang memilih menghentikan susu formula dan berpindah ke animal milk atau susu hewan segar. 

Dokter Spesialis Anak dr. Shela Putri Sundawa, Sp.A juga mengaku kerap mendapatkan laporan orang tua yang panik ingin mengganti susu formula dengan susu segar pasteurisasi atau susu hewan segar, usai membaca sepotong rekomendasi WHO. 

Baca Juga : Hukum Menjamak Salat Karena Ada Ujian, Ini Kata Profesor Fiqih

"Semoga kita bisa lebih bijak menyikapi informasi baru yang ada dan bisa mengkritisi dan memahaminya secara utuh," jelas Shela, dikutip melalui akun X pribadinya @oxfara, Senin (6/5). 

Lebih lanjut, Shela menjelaskan bahwa benar sesuai rekomendasi WHO, susu animal milk lebih direkomendasikan dari pada susu formula untuk anak usia 12-23 bulan. "Kalau kita cuma baca kalimat rekomendasi singkat itu (WHO) terutama yang untuk anak usia 12-23 bulan, maka otak kita yang menyukai simplifikasi ini akan menyimpulkan bahwa susu animal fresh lebih superior (baik) daripada susu formula. Padahal bukan begitu maksudnya WHO," ungkap Shela. 

Salah satu penelitian yang menyebut susu animal milk memiliki kandungan sesuai kebutuhan anak usia 12-23 bulan. (Foto: X @oxfora)

Salah satu penelitian yang menyebut susu animal milk memiliki kandungan sesuai kebutuhan anak usia 12-23 bulan. (Foto: X @oxfora)

Dalam cuitan yang dibagikan, Shela menerangkan bahwa dalam penelitian yang dijadikan salah satu bahan pertimbangan rekomendasi WHO disebutkan bahwa efek untuk pertumbuhan, perkembangan dan komposisi tubuh pada anak yang diberikan animal milk dibanding formula ternyata sama saja. 

"Justru yang dapat susu formula punya kadar zink, zat besi dan vitamin D yang lebih tinggi," katanya. 

Hanya saja, kata Shela, keputusan WHO untuk lebih merekomendasikan animal milk, karena kalori dan kebutuhan zat gizi anak usia 12-23 bulan lebih banyak didapatkan dari makanan.

Baca Juga : Malam Penuh Sejarah: Desa Jimbe Berpesta Kenang Perjalanan Hayam Wuruk ke Blitar

"Sehingga susu formula yang lebih lengkap zatnya dan lebih mahal harganya ini sudah tidak perlu-perlu amat," tandasnya. 

Shela pun menegaskan jika susu hewan segar untuk anak usia 12-23 bulan tidak lebih baik dari susu formula. "Namun, susu hewan (animal milk) lebih direkomendasikan karena menurut WHO lebih murah dibanding susu formula yang kandungan gizinya untuk zat besi, zink, vitamin D lebih tinggi," tegas Shela. 

Istilah susu animal milk atau susu hewan murni. (Foto: X @oxfora)

Istilah susu animal milk atau susu hewan murni. (Foto: X @oxfora)

Diketahui, ada beberapa istilah susu yang perlu diketahui. Di antaranya susu pasteurisasi juga termasuk dalam kategori susu hewan segar. Intinya yang direkomendasikan WHO adalah susu murni hewan yang tidak ditambah zat apapun. Misalnya, tidak ditambah zat perasa atau gula tambahan. 


Topik

Peristiwa who susu formula susu hewan murni susu apa yang baik untuk anak



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Dede Nana