Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pendidikan

Simposium Nasional yang Dipelopori STIE Malangkucecwara Dapat Apresiasi Direktorat Sumber Daya Ditjen Dikti

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Yunan Helmy

04 - May - 2024, 15:24

Placeholder
Koordinator Kompetensi Dosen dan Tendik Direktorat Sumber Daya, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset, dan Teknologi (Dirjen Dikti) Nafiron Musfiqin Uddin (foto: Anggara Sudiongko/MalangTimes)

JATIMTIMES - Koordinator Kompetensi Dosen dan Tendik Direktorat Sumber Daya Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset, dan Teknologi (Ditjen Dikti) Nafiron Musfiqin Uddin mengapresiasi Gelaran Simposium Nasional Perguruan Tinggi yang dipelopori Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE)  Malangkucecwara sebagai salah satu anggota Perkumpulan Pendidikan Kependidikan Perguruan Tinggi (Pemimpin). 

Simposium yang dilaksanakan belum lama ini, menurut Nafiron, merupakan salah satu tonggak penting dalam mendongkrak leadership pemimpin perguruan tinggi. "Saya kira pemimpin perguruan tinggi sebagai tokoh akademik menjadi penentu terhadap perkembangan pendidikan tinggi," ungkapnya.

Baca Juga : Profil Bupati Malang HM. Sanusi, Warga Nahdliyin yang Berkiprah di Partai Nasionalis

Dalam perkembangan dan kemajuan perguruan tinggi, tentu kolaborasi menjadi salah satu hal yang penting. Kolaborasi perguruan tinggi penting untuk menjalankan misi dalam rangka menuju kesuksesan memenuhi visi institusi. Kolaborasi antarinstitusi perguruan tinggi bisa dikembangkan bukan hanya ranah institusi, namun juga bisa kolaborasi tataran individu. 

*Saya sangat apresiasi kepada STIE Malangkucecwara  yang mempertemukan para pimpinan perguruan tinggi untuk bisa berkolaborasi yang sangat penting dalam pengembangan inovasi," tambahnya. 

Menurut Nafiron, kemampuan leadership bagi pemimpin perguruan tinggi menjadi sebuah hal yang mutlak. Selain itu, pemimpin perguruan tinggi tentunya juga harus mampu menjadi entrepreneur leader.

"Ke depan seorang pemimpin perguruan tinggi bukan hanya memiliki kapasitas sebagai akademik leader, tetapi juga sebagai entrepreneur leader. Harus mempunyai kemampuan dalam mengembangkan perguruan tingginya ke depan jadi lebih baik," kata  pria yang juga alumni STIE Malangkucecwara ini. 

Perkembangan teknologi yang luar biasa, terlebih dengan kemunculan artificial jnteligence (AI) menjadi hal yang harus direspons dengan positif. Kemajuan teknologi ini tentunya dapat mendorong pengembangan akademik maupun kapasitas dosen. Namun yang harus dipahami, tentu dalam pemanfaatannya haruslah bijak, sehingga kemajuan teknologi ini tidak malah menjerumuskan ke arah yang negatif.

"Peran perguruan tinggi terutama para dosen mulai merubah maindset. Artinya sumber sumber pengetahuan sekarang sangat cepat didapat mahasiswa," paparnya. 

Baca Juga : Mas Dhito Berharap GP Ansor Kabupaten Kediri Mampu Bentengi Dua Hal ini

Dengan perkembangan teknologi yang luar biasa ini,  maka sumber keilmuan tidak hanya dari dosen. Meski begitu, dosen harus mampu menjadi fasilitator mampu mempengaruhi dan mendorong potensi potensi mahasiswa. 

"Keleluasaan dalam proses pembelajaran. Jadi, tak lagi berpusat di tempat pendidikan atau proses pembelajaran tak harus dikelas. Interaksi dengan berbagai praktisi dan semua bisa ikut di dalamnya," kata Nafiton.

Sementara itu, Simposium Nasional Perguruan Tinggi dihadiri  oleh 180 peserta dari berbagai perguruan tinggi. Simposium ini mengusung tema 'Menavigasi Inovasi Perguruan Tinggi Indonesia di Era Antroposen'. Simposium  ini diinisiasi oleh Pemimpin yang di dalamnya ada konsorsium tujuh kampus. 

Ketujuh kampus itu,  yakni STIE Malangkucecwara, Universitas Islam Indonesia, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Semarang, Universitas Pajajaran, dan Universitas Presiden. 


Topik

Pendidikan STIE Malangkucecwara Malang kampus unggul simposium nasional



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Yunan Helmy