Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan

Kemenhan RI Apresiasi Komoditas Unggulan Kabupaten Malang, Minta Tingkatkan Koordinasi

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : Nurlayla Ratri

04 - May - 2024, 09:11

Placeholder
Deputi Pengelolaan Pangan Kementerian Pertahanan RI Mayjen TNI Cku Purn Yos Trioso (tengah) bersama Bupati Malang HM. Sanusi serta pejabat lainnya di Pendapa Agung Kabupaten Malang, Jumat (3/5/2024). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES) 

JATIMTIMES - Kementerian Pertahanan RI mengapresiasi berbagai komoditas unggulan Kabupaten Malang mulai dari sektor pertanian, peternakan dan perikanan untuk mendukung ketahanan pangan di Indonesia.

Deputi Pengelolaan Pangan Kementerian Pertahanan Mayjen TNI Cku Purn Yos Trioso menyampaikan, bahwa Kabupaten Malang cukup antusias dan aktif dalam kegiatan pengelolaan pangan di Indonesia. 

Baca Juga : Bupati Sanusi Sanggupi Target Kemenhan RI Sukseskan Makan Siang Gratis

"Dan perlu ada beberapa peningkatan-peningkatan dalam hal pengelolaan pangan itu sendiri, dari pabrikasi sampai dengan hilirisasi. Mungkin itu perlu suatu hal peningkatan dan koordinasi dari Pemerintah Kabupaten Malang dengan pemerintah pusat," ungkap Yos kepada JatimTIMES. 

Purnawirawan jenderal bintang dua itu mengatakan, dengan keaktifan Kabupaten Malang dalam mengelola berbagai komoditas pangan unggulan tersebut akan memperlancar program-program pengelolaan pangan Presiden RI terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden RI terpilih Gibran Rakabuming Raka. 

Pihaknya pun bersama jajaran pejabat tinggi dari Kementerian Pertahanan RI selama kunjungannya di Kabupaten Malang berkesempatan melihat langsung beberapa tempat pengelolaan komoditas unggulan untuk ketahanan pangan. 

"Kami akan mengunjungi beberapa lokasi. Seperti pertanian padi di Kepanjen, pabrik susu dan produksi susu masyarakat di Ngajum, perkebunan Alpukat Pameling di Lawang, pertanian tebu Bululawang dan penangkapan ikan di TPI Sendangbiru," terang Yos. 

Lebih lanjut, pada Sabtu (4/5/2024) para pejabat tinggi Kementerian Pertahanan RI terjadwal akan melakukan kunjungan ke beberapa lokasi di Kabupaten Malang didampingi Bupati Malang HM. Sanusi. 

Di antaranya ke Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Sendangbiru, Kecamatan Sumbermanjing Wetan; lalu ke PT. Lesaffree Sari Nusa di Kecamatan Bululawang; dilanjutkan menuju PT. Dupont Indonesia (Ex. Pioneer) di Kecamatan Bululawang; dan diakhiri dengan kunjungan ke Pabrik Gula Krebet yang ada di Kecamatan Bululawang. 

"Semua itu merupakan berbagai potensi yang harus kita kejar dan dilakukan penebalan terhadap luasan kegiatan pembangunan yang telah dilaksanakan," tutur Yos. 

Baca Juga : Dharma Santi Nyepi 1946 Saka, Mas Dhito Fasilitasi Kebutuhan Umat Hindu Kediri

Sementara itu, Bupati Malang HM. Sanusi menyambut baik atas kehadiran pejabat tinggi Kementerian Pertahanan RI dan telah memilih Kabupaten Malang sebagai daerah pertama yang dikunjungi untuk penjajakan penguatan ketahanan pangan di Indonesia.

"Semoga kehadiran para perwira tinggi Kementerian Pertahanan ke wilayah Kabupaten Malang ini menjadi motivasi bagi kami dan mudah-mudahan memberikan manfaat positif, sekaligus membawa kemajuan bagi Kabupaten Malang," kata Sanusi. 

Menurutnya, sinergitas yang terjalin antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang dengan Kementerian Pertahanan RI merupakan wujud perhatian pemerintah pusat kepada pemerintah daerah dan masyarakatnya, berkaitan dengan fokus strategis nasional yakni ketahanan pangan. 

"Pemkab Malang dengan segala potensi dan sumber daya yang ada, terus berupaya untuk mewujudkan pengelolaan sektor pangan yang memiliki daya tahan, kestabilan dan kualitas yang baik, sekaligus mampu mencukupi kebutuhan pangan masyarakat," pungkas Sanusi.


Topik

Pemerintahan Kabupaten Malang Sanusi Kemenhan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

Nurlayla Ratri