Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Hukum dan Kriminalitas

Angka Curanmor di Kota Malang Selama Lebaran Naik

Penulis : Irsya Richa - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

19 - Apr - 2024, 22:21

Curanmor yang terekam CCTV di Jalan Sigura-Gura, Kota Malang. (Foto: tangkapan layar rekaman CCTV)
Curanmor yang terekam CCTV di Jalan Sigura-Gura, Kota Malang. (Foto: tangkapan layar rekaman CCTV)

JATIMTIMES - Selama lebaran, tepatnya saat Operasi Ketupat Semeru 2024 angka pencurian kendaraan bermotor (curanmor) mengalami peningkatan jika dibandingkan pada tahun sebelumnya. Yakni terdapat 8 kasus kejahatan curanmor di Kota Malang.

Sementara Operasi Ketupat Semeru 2023 hanya ada 2 kejadian. “Ada kenaikan 6 kejadian dibandingkan tahun lalu,” ungkap Kabag Ops Polresta Malang Kota, AKP Sutomo, Jumat (19/4/2024) di kantonya.

Baca Juga : Daftar Tarif Tol Trans Jawa Selama Mudik Lebaran 2024 

 

Tak hanya selama Operasi Ketupat Semeru 2024, bila dilihat dari bulan, di bulan Maret angka curanmor juga naik dibandinhkan bulan Februari. Terdapat 41 laporan masuk di bulan Maret.

Pada Maret dari 41 laporan masuk, penyelesaian yang sudah dilakukan sebanyak 23 kasus, petugas telah mengamankan 5 tersangka.

Sedangkan di bulan Februari jumlah laporan yang masuk sebanyak 32 kasus. Dengan jumlah penyelesaian 29 kasus, petugas telah mengamankan 6 tersangka.

Sementara itu, Kasatreskrim Polresta Malang Kota Danang Yudanto menambahkan, dalam kasus curanmor saat ini banyak petugas dipermudah dengan alat bukti untuk mendukung pengungkapan. “Jadi kami itu sangat diuntungkan ketika di sekitar lokasi (pencurian) terdapat CCTV,” ungkap Danang.

Dari rekaman kamera CCTV itu, pihaknya bisa dengan leluasa mengetahui plat nomor kendaraan tersangka. Kemudian ciri-ciri tersangka.

Baca Juga : Halal Bihalal dengan Pegawai Kecamatan Pesantren, PJ Wali Kota Kediri Beri Beberapa Arahan 

 

Keberadaan CCTV merupakan salah satu instrumen vital dalam pengungkapan kasus curanmor. Untuk meminimalisir kasus curanmor, pihaknya meningkatkan kegiatan patroli di kawasan-kawasan rawan.

Polresta Malang Kota juga memberikan imbauan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) cara antisipasi curanmor. Pertama Pastikan kunci kendaraan tidak tertinggal.

Jangan lupa untuk melakukan kunci ganda. Pasang CCTV di sekitar tempat parkir. “Bila motor hilang, segera laporkan ke kantor polisi terdekat,” imbau Danang.


Topik

Hukum dan Kriminalitas Pencurian pencurian sepeda motor curanmor Kota Malang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Sri Kurnia Mahiruni