Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Operasi Ketupat Semeru 2024: Pelanggaran Lalu Lintas di Wilayah Hukum Polres Blitar Kota Turun Signifikan

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Yunan Helmy

19 - Apr - 2024, 10:40

Anggota Polres Blitar Kota saat bertugas di Operasi Ketupat Semeru 2024.
Anggota Polres Blitar Kota saat bertugas di Operasi Ketupat Semeru 2024.

JATIMTIMES - Jumlah pelanggaran lalu lintas di wilayah hukum Polres Blitar Kota mengalami penurunan signifikan pada Operasi Ketupat Semeru 2024. 

Menurut Kasat Lantas Polres Blitar Kota AKP M. Taufik Nabila, dibandingkan dengan tahun sebelumnya, jumlah pelanggaran saat ini hanya 370 pelanggaran. "Benar. Jumlah pelanggaran lalu lintas di Operasi Ketupat Semeru ini lebih sedikit atau menurun dari sebelumnya. Itu karena kami fokus kepada penilangan elektronik (ETLE)," terang Taufik (18/4/2024).

Baca Juga : 3.000 Rumah Terdampak Pipa Bocor di Ranugrati, Perbaikan Sempat Terkendala Evakuasi Mobil

 Operasi Ketupat Semeru tahun 2023 mencatat sekitar 2.588 pelanggaran. Sedangkan saat ini jumlahnya hanya sekitar 370 pelanggaran, melibatkan 260 kendaraan roda dua dan 110 kendaraan roda empat. 

Meskipun demikian, Satlantas Polres Blitar Kota tetap melakukan teguran presisi terhadap pelanggar lalu lintas, dengan mencatat sekitar 304 teguran. "Dominasi pelanggaran tetap pada pengendara yang tidak menggunakan helm dan menerobos lampu lalu lintas. Tapi juga masih ada yang berboncengan lebih dari dua orang dan tidak menggunakan safety belt," jelas Taufik.

Selain fokus terhadap pelanggaran lalu lintas, pihak kepolisian juga turut melaksanakan pemantauan terhadap angkutan Lebaran. Mereka melakukan pemeriksaan kelengkapan armada bus di Terminal Patria dan menyediakan pos pelayanan bagi pemudik yang membutuhkan tempat istirahat.

Baca Juga : PUPR Jombang Siapkan Dokumen Jalan Baru Kawasan Industri Utara Brantas

"Kami juga pantau pemudik, baik dengan angkutan umum dan pribadi. Ini sebagai upaya untuk menjaga keselamatan pengendara, dan menjaga arus lalu lintas tetap lancar saat Lebaran kemarin," tambahnya.


Topik

Peristiwa Operasi Ketupat Semeru 2024 Polres Blitar Kota Kota Blitar pelanggaran laku lintas


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Yunan Helmy