Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

PDIP Kabupaten Blitar Siapkan Pendaftaran Bacabup, Target Rebut Kursi Kepala Daerah Lagi

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Yunan Helmy

19 - Apr - 2024, 08:55

Rijanto bersama sejumlah pengurus DPC PDIP Kabupaten Blitar.
Rijanto bersama sejumlah pengurus DPC PDIP Kabupaten Blitar.

JATIMTIMES - Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPC PDIP) Kabupaten Blitar telah memasuki tahap persiapan penting dalam menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Dengan tekad kuat untuk merebut kembali kursi kepala daerah, DPC PDIP Kabupaten Blitar tengah menggalang potensi bakal calon bupati (bacabup) melalui  penjaringan yang akan segera dibuka.

"Rencananya, kami membuka pendaftaran penjaringan bakal calon bupati di Pilkada 2024 awal Mei ini. Kami masih koordinasi dengan pengurus DPC," ungkap Ketua DPC PDIP Kabupaten Blitar, Rijanto saat diwawancarai pada Kamis (18/4/2024). 

Baca Juga : Daftar Tarif Tol Trans Jawa Selama Mudik Lebaran 2024

Menurut Rijanto, tahap pendaftaran ini menjadi langkah awal yang strategis untuk memperkuat posisi partai dalam menghadapi dinamika politik lokal.

Sebagai mantan bupati Blitar periode 2016-2021, Rijanto menegaskan bahwa belum ada kepastian apakah dirinya akan kembali bertarung di arena Pilkada 2024. "Kalau saya belum tahu (maju atau tidak di Pilkada 2024). Masih menunggu mekanisme dari DPP (PDI Perjuangan)," ujarnya.

Meski demikian, ambisi untuk merebut kembali kursi kepala daerah menjadi fokus utama bagi DPC PDIP Kabupaten Blitar. Rijanto menyampaikan bahwa hal ini sejalan dengan arahan yang diterima dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP.

 "Sesuai arahan yang kami terima dari DPP PDI Perjuangan, kami harus bisa merebut kembali kursi kepala daerah di Pilkada Kabupaten Blitar 2024. Apalagi Blitar ini terkenal dengan bumi nasionalis dan bumi Bung Karno. Kami harus menang di Pilkada 2024," tegasnya.

Baca Juga : Pesona Wisata Sejarah: Kunjungan Membludak ke Makam Bung Karno Pasca-Lebaran di Kota Blitar

Dalam upaya mencapai target tersebut, DPC PDIP Kabupaten Blitar terus menjalin komunikasi intensif dengan berbagai pihak, termasuk partai politik lain. "Kami terus komunikasi dengan partai lain. Kami tidak mungkin kerja sendiri di pilkada ini. Kami dekat dengan semua partai, tapi belum mengerucut ke koalisi. Tapi kami sudah komunikasi dengan semuanya (partai)," ungkap Rijanto.

Dengan pembukaan pendaftaran penjaringan bakal calon bupati yang segera dilaksanakan, langkah strategis DPC PDIP Kabupaten Blitar ini diharapkan mampu memperkuat basis politiknya dan memunculkan sosok yang mampu mengemban amanah dalam memimpin Kabupaten Blitar ke arah yang lebih baik di masa mendatang.


Topik

Politik PDIP Kabupaten Blitar Pilkada 2024 Kabupaten Blitar


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Yunan Helmy