Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Raih Beasiswa MOSMA, Mahasiswa Humaniora UIN Maliki Malang Tempuh Studi 1 Semester di Malaysia

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Dede Nana

18 - Apr - 2024, 16:06

Muhammad Zarnubi, mahasiswa Fakultas Humaniora UIN Maliki Malang yang mendapat beasiswa MOSMA (ist)
Muhammad Zarnubi, mahasiswa Fakultas Humaniora UIN Maliki Malang yang mendapat beasiswa MOSMA (ist)

JATIMTIMES - Muhammad Zarnubi mahasiswa Fakultas Humaniora Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang kini dapat merasakan pengalaman akademik internasional dengan menempuh studi di Universiti Teknologi MARA (UiTM). Hal ini setelah Zarnubi mendapatkan beasiswa program MORA Overseas Student Mobility Awards (MOSMA).

Selama satu semester, Zarnubi akan melakukan studi di kampus yang terletak di Shah Alam, Selangor, Malaysia ini. Zarnubi  menjadi salah satu peserta dari 15 peserta dari berbagai kampus Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) yang diberangkatkan ke UiTM. Keberangkatan studi ini telah dilakukan pada 14 April 2024 dan akan dijadwalkan kembali pada 18 Agustus 2024.

Baca Juga : Pantai Serang Blitar Diserbu 12 Ribu Wisatawan di Puncak Libur Idulfitri

Dalam studinya, Zarnubi bukan hanya mengikuti pembelajaran dalam kelas semata, namun juga akan turut terlibat dalam kegiatan pengabdian masyarakat dan juga melaksanakan riset kolaborasi.

Keikutsertaannya dalam program ini menjadi manifestasi dari tekadnya untuk mengamalkan perintah agama yang menganjurkan untuk menuntut ilmu setinggi  mungkin. Dijelaskan Zarnubi, untuk menjadi delegasi dalam program MOSMA ini tidaklah mudah. Berbagai tahapan tes hingga akhirnya lolos dalam program ini telah ia jalani. Dengan kelolosan ini, menjadi sebuah kesempatan emas bagi Zarnubi dalam menggali keilmuan dan pengalaman akademik maupun budaya yang ada di luar negeri.

"Alhamdulillah, saya bisa belajar dengan mahasiswa dan dosen luar negeri, bertemu dengan orang dari berbagai negara, berbagi pengalaman dan budaya. Hal ini membuka wawasan saya lebih luas dan membuat saya semakin bersemangat untuk belajar dan menjelajahi dunia," katanya.

Keikutsertaan Zarnubi dalam MOSMA di UiTM, juga menjadi bukti nyata dari komitmen dan dedikasi Fakultas Humaniora UIN Maliki Malang dalam mendukung pengembangan akademik dan memberikan pengalaman internasional bagi mahasiswa. 

Hal ini diharapkan dapat memberikan pengalaman berharga yang menjadi landasan bagi kesuksesan masa depan Zarnubi dan menginspirasi mahasiswa lain untuk mengejar impian mereka di dunia pendidikan di tingkat global. 

Untuk diketahui, Program MOSMA merupakan salah satu program implementasi Kurikulum Merdeka dalam bentuk program mobilitas fisik yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar di perguruan tinggi luar negeri. 

Baca Juga : Pentingnya Modul Ajar Kurikulum Merdeka untuk SMP, Kini Bisa Dapatkan via Online

Program ini berlangsung selama 1 semester dengan durasi maksimal 6 bulan, melalui program ini mahasiswa mendapatkan kredit yang dapat dikonversi ke dalam SKS (Satuan Kredit Semester) di kampus asal.

Melalui program ini, menjadi sarana yang mendorong mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman belajar di universitas luar negeri, memperluas pengetahuan pemikiran ilmiah, berpikiran terbuka, beradaptasi dengan budaya perkuliahan dan kehidupan kampus internasional. 

Lebih dari itu, mahasiswa juga merasakan potensi besar Mengakui perguruan tinggi Indonesia di kancah internasional dan meningkatkan motivasi untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri melalui beasiswa maupun mandiri.


Topik

Pendidikan uin maliki malang fakultas humaniora uin maliki malang beasiswa program mosma


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Dede Nana