Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

DLH Kota Malang Pasang Plakat di Jembatan Pasar Gadang, Buang Sampah Sembarangan Kena Sanksi

Penulis : Hendra Saputra - Editor : Nurlayla Ratri

06 - Apr - 2024, 17:04

Sampah di Jembatan Pasar Gadang yang menumpuk (foto: screenshot rekaman video)
Sampah di Jembatan Pasar Gadang yang menumpuk (foto: screenshot rekaman video)

JATIMTIMES - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang mulai memasang plakat larangan membuang sampah sembarangan. Plakat tersebut dipasang di sekitar Jembatan Pasar Gadang, Kota Malang.

Kepala DLH Kota Malang, Noer Rahman Wijaya mengatakan bahwa sampah di Jembatan Pasar Gadang mulai tidak terkondisikan. Bahkan, sampah-sampah juga membuat pemandangan tidak sedap ketika melintas.

Baca Juga : 5 Limbah Ini Jika Diekspor Bisa Hasilkan Cuan Jutaan Rupiah 

“Problematika persampahan yang ditengarai dengan pembuangan sampah liar yang berada di kawasan Jembatan Pasar Gadang mulai menjadi sorotan warga kembali. Sampah mulai tidak terkondisikan dan menumpuk sehingga mengganggu aktivitas warga setempat,” kata Rahman.

Oleh karena itu, pihaknya sudah memberi plakat informasi bahwa ditempat tersebut bukanlah tempat membuang sampah sembarangan. Hal itu untuk mengingatkan masyarakat agar tidak lagi membuang sampah sembarangan.

“DLH telah memasang plakat larangan membuang sampah sembarangan di sekitar Jembatan Pasar Gadang. Hal ini sebagai bentuk imbauan agar masyarakat dapat mematuhi aturan tersebut demi keamanan dan kenyamanan bersama,” ujar Rahman.

Dijelaskan Rahman, membuang sampah sembarangan adalah sebuah pelanggaran. Bahkan, hal itu sudah masuk dalam Perda Nomor 7 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Sampah.

“Membuang sampah di jembatan Pasar Gadang sudah termasuk dalam Pelanggaran Perda Nomor 7 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Sampah sehingga sudah selayaknya perangkat daerah yang berwenang untuk menegakkan Pelanggaran Perda tersebut,” tegas Rahman.

Rahman pun mengaku plakat ini sebenarnya hanya sebuah imbauan. Namun, pihaknya juga berharap agar ada kesadaran dari masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan.

Baca Juga : 8 Negara Tujuan Ekspor Kerupuk dan Keripik Indonesia, Korsel Jadi Nomor 1

Sebab, selain merusak estetika jalan, juga membuat udara disekitar Jembatan Pasar Gadang tidak lagi sehat. Karena itu, Rahman berharap masyarakat agar bijak dan dapat membuang sampah di tempat yang telah disediakan.

“Maka, dalam menjaga lingkungan ini, diperlukan sinergi dan kolaborasi bersama masyarakat untuk menjaga lingkungan agar tercipta Kota Malang yang bersih, indah dan nyaman,” harap Rahman.

“Dengan tidak membuang sampah sembarangan adalah bentuk kepedulian kita menjaga dan menyelamatkan lingkungan. Mari, bersama membuang sampah pada tempatnya,” seru Rahman.


Topik

Peristiwa DLH Kota Malang Noer Rahman Wijaya jembatan pasar gadang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hendra Saputra

Editor

Nurlayla Ratri