Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik Pilkada Kota Malang 2024

Target Dapat N1, PKS Kota Malang Fokus Jaring Koalisi Paska Lebaran

Penulis : Riski Wijaya - Editor : Nurlayla Ratri

08 - Apr - 2024, 05:16

Ketua DPD PKS Kota Malang Ernanto Djoko Purnomo. (Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).
Ketua DPD PKS Kota Malang Ernanto Djoko Purnomo. (Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Malang menargetkan bisa mendapat kursi N1 pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Malang November mendatang.

Bukan hanya sekadar target. Namun dalam hal ini DPD PKS Kota Malang mempunyai bekal yang dirasa cukup bagus, jika dilihat dari hasil Pileg DPRD Kota Malang, 14 Februari 2024 lalu.

Baca Juga : DPKPCK Kabupaten Malang Bentuk Petugas TFL, Pastikan Program Bedah Rumah Tepat Sasaran

Pada perebutan kursi legislatif Kota Malang tersebut, PKS berhasil mendapat 7 kursi untuk formasi wakil rakyat periode 2024-2029. Bertambah satu kursi dari periode sebelumnya.

Itu artinya, untuk bisa mengusung pasangan calon (paslon) wali kota dan wakilnya, PKS hanya butuh koalisi dengan partai lain yang memperoleh 2 kursi.

Kendati demikian, Ketua DPD PKS Kota Malang Ernanto Djoko Purnomo mengatakan tak ingin gegabah dalam menentukan sikap. Ia mengaku membuka membuka pintu lebar untuk berkoalisi.

"Kami baru dapat 7 kursi pasti gabung (membangun koalisi), nyaris semua partai kita jajaki. Ya target harus menang di N1," ujar Djoko.

Bahkan menurutnya, masih belum dapat dipastikan, apakah dalam gerbong koalisi yang nanti terbentuk, kader PKS akan diusung sebagai calon wali kota atau wakil wali kota.

Menurutnya, hal tersebut secara matang baru dapat dipastikan jika koalisi sudah terbentuk. "Makanya nanti diukur saat koalisi, siapa paling bisa membawa gerbong (yang dibangun) ini tentu N1," imbuh Djoko.

Baca Juga : Untuk Kebutuhan Lebaran, Pasokan LPG di Malang Ditambah 8 Persen

Sedangkan saat ini, dirinya mengaku bahwa PKS Kota Malang telah membuka komunikasi dengan partai lain. Tentu untuk menyaring kemungkinan terbentuknya koalisi.

"Belum ada parpol yang sudah fiks. Semua masih penjajakan. Sudah ada time schedule. Sekarang masih komunikasi, dan target teman partai lain setelah lebaran," terang Djoko.

Termasuk menurutnya, tidak menutup kemungkinan bahwa koalisi yang sudah terbangun secara nasional dalam kontestasi Pilpres lalu, bisa dilanjutkan di Kota Malang untuk Pilkada.

"Kalau level kota tidak bisa serta merta koalisi nasional dibawa ke daerah, karena konteksnya lain. Tapi bsa saja, kenapa tidak. Kami menghimpun semua kmngkinan. (Parpol) yang sudah akur kita jawil-jawil (colek-colek)," pungkas Djoko. 


Topik

Politik PKS Kota Malang calon wali kota malang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Riski Wijaya

Editor

Nurlayla Ratri