Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Beri Alternatif Tugas Akhir, Prodi Sastra Inggris UIN Malang Sosialisasi Artikel Jurnal sebagai Pengganti Skripsi

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Yunan Helmy

04 - Apr - 2024, 20:01

Sosialisasi oleh Prodi Sastra Inggris UIN Malang tentang artikel jurnal sebagai pengganti skripsi. (istimewa)
Sosialisasi oleh Prodi Sastra Inggris UIN Malang tentang artikel jurnal sebagai pengganti skripsi. (istimewa)

JATIMTIMES - Sosialisasi tentang artikel jurnal sebagai pengganti skripsi gencar dilakukan Program Studi (Prodi) Sastra Inggris Fakultas Humaniora Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang belum lama ini secara daring. Hal ini menjadi bagian dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dalam memberikan alternatif tugas akhir mahasiswa selain dengan skripsi.

Kaprodi Sastra Inggris Ribut Wahyudi PhD menyampaikan tips  bagaimana dapat lolos dalam proses seleksi proposal. Dengan waktu yang masih tersedia, mahasiswa yang tertarik dengan artikel jurnal sebagai pengganti skripsi harus benar-benar mempersiapkan proposal dengan baik. "Karena seleksi proposal akan dilakukan setelah Idul Fitri," katanya.

1

Selain itu, para mahasiswa yang terpilih harus proaktif untuk melakukan konsultasi secara intensif dengan dosen pembimbing dan  mengirimkan artikel mereka pada awal atau pertengahan semester 7.

Baca Juga : Ngeri, Seluruh Posisi Timnas Indonesia Diisi Pemain Naturalisasi

Ribut juga menyampaikan, sementara ini masih terdapat tiga mahasiswa yang merupakan angkatan pertama atau angkatan 2020 yang telah memublikasikan artikel mereka pada jurnal Sinta 2, Sinta 3 dan Sinta 4.  

"Kemudian  ada juga dua mahasiswa lainnya telah mendapatkan Letter of Acceptance (LoA) untuk artikel mereka," terangnya.

Sekprodi Sastra Inggris M. Edy Thoyib MA menambahkan, mahasiswa yang tertarik dengan artikel sebagai pengganti skripsi ini perlu membaca dengan seksama buku pedoman fakultas yang memuat syarat dan ketentuan penulisan artikel jurnal pengganti skripsi.  "Dapat dibaca di website fakultas," katanya.

Program artikel jurnal sebagai pengganti skripsi ini menjadi program strategis dan peluang baru untuk mahasiswa. Mereka dapat menyelesaikan studi dengan lebih bervariasi dan memberikan pengalaman yang berharga dalam dunia akademik.

Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Humaniora Dr Halimi MPd dalam kesempatan sebelumnya berharap  agar mahasiswa semester enam sudah mulai menyusun langkah taktis agar bisa lulus tepat waktu.

Baca Juga : Miliki Visi dan Misi Strategis, Fakultas MIPA UM Patut Jadi Pilihan Calon Mahasiswa

“Jurnal atau skripsi keduanya memiliki karakteristik yang berbeda. Mumpung masih awal, sebaiknya dipersiapkan dengan baik,” tuturnya.

2

Di sisi lain, sosialisasi artikel jurnal pengganti skripsi ini disambut antusias mahasiswa. Lebih dari 80 mahasiswa ikut dalam kegiatan tersebut.

Dalam sosialisasi juga dihadirkan dua mahasiswa angkatan  2020 yang telah sukses menerbitkan artikel sebagai pengganti skripsi. Di situ, mereka memberikan testimoni terkait proses penulisan dan publikasi yang mereka lakukan. Ula juga berbagi pengalaman terkait ujian sidang pasca-publikasinya, yang menurutnya lebih ringan dibandingkan ujian skripsi biasa.

 


Topik

Pendidikan Artikel jurnal pengganti skripsi Prodi Sastra Inggris UIN Malang UIN Maliki Malang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Yunan Helmy