Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Hukum dan Kriminalitas

Jelang Operasi Ketupat Semeru 2024, Polres Batu Siapkan 7 Pos Pelayanan dan Pengamanan

Penulis : Prasetyo Lanang - Editor : Dede Nana

02 - Apr - 2024, 15:37

Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin.(Foto: Istimewa)
Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin.(Foto: Istimewa)

JATIMTIMES - Menyambut arus mudik lebaran IdulFitri 1445 H/2024, Operasi Ketupat Semeru akan segera digekar. Dalam operasi yang diketahui mulai 4 sampai 16 April 2024 itu, Polres Batu menyiapkan tujuh pos yakni pelayanan dan pengamanan.

Hal tersebut disampaikan Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin saat menggelar Latihan Pra Operasi Ketupat yang bertempat di Rupatama Polres Batu, Selasa (2/4/2024). Dilakukan selama 13 hari di seluruh wilayah hukum Polres Batu, operasi menekankan pemeliharaan keamanan yang mengedepankan giat Preemtif, Preventif yang didukung giat penegakan hukum (Gakkum), Humas dan Banops (Bantuan operasi).

Baca Juga : Jatah Kursi DPRD Kabupaten Malang Menyusut, PKB Bertekad Rebut Kembali di Pemilu 2029

Dikatakan Oskar, saat pelaksanaan Operasi Ketupat Semeru 2024, Polres Batu menggelar 6 Pos Pengamanan dan 1 Pos Pelayanan. Pos Pengamanan tersebut meliputi Pos Pam Soehat/Pendem, Pesanggrahan, Bendo, Pujon, Kambal, dan Kasembon. Sedangkan untuk Pos Pelayanan ditempatkan di depan Alun-alun Kota Batu.

"Dalam operasi ini akan menggelar 6 Pos Pengamanan dan 1 Pos Pelayanan dengan menempatkan 499 Personel gabungan dari Polri, TNI, Sat Pol PP, Dishub, Dinkes, BPBD, PMK, Pramuka, Bankom, Banser, dan Pemuda Pancasila," jelas Oskar, Selasa (2/4/2024).

Menurut dia, petugas gabungan yang terlibat Operasi ini selain mempunyai tanggung jawab untuk memberikan keamanan dan kelancaran arus lalu lintas, juga mempunyai tanggung jawab dalam mencegah adanya tawuran, penggunaan petasan, dan pelanggaran lainnya, serta memberikan pengamanan kepada jama’ah Shalat Idul Fitri.

Polres Batu beserta jajarannya didukung TNI dan Instansi terkait serta Mitra Kamtibmas lainnya. Oskar juga menekankan Kembali untuk Anggotanya agar meningkatkan patrol di daerah pemukiman, lokasi wisata, objek vital dan Mall, Pasar dan daerah rawan laka serta rawan pidana.

Baca Juga : Ngeri, Seluruh Posisi Timnas Indonesia Diisi Pemain Naturalisasi

Saat mudik, masyarakat diimbau memastikan rumah yang ditinggal dalam keadaan aman (terkunci, tidak ada aliran listrik, dan gas), serta menginfokan kepada Bhabinkamtibmas setempat apabila warga meninggalkan rumahnya sementara untuk mudik demi menjamin keamanan.

"Kami berharap dengan adanya operasi ini bisa menjamin rasa aman masyarakat dalam menjaalankan Ibadah Puasa dan Merayakan IdulFitri. Pada arus mudik dan arus balik pada lebaran tahun ini diharapkan aman dan lancar serta jumlah pelanggaran lalu lintas dan Laka Lantas menurun," imbuhnya.


Topik

Hukum dan Kriminalitas operasi ketupat polres batu


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Prasetyo Lanang

Editor

Dede Nana