Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Olahraga

Update Gate 13 Stadion Kanjuruhan: Tak Jadi Dibongkar

Penulis : Ashaq Lupito - Editor : Dede Nana

12 - Apr - 2024, 11:51

Kondisi Gate 13 saat proses renovasi Stadion Kanjuruhan berlangsung, lokasi di mana terjadi banyak korban jiwa saat Tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober 2022. (Foto: Ashaq Lupito / JatimTIMES)
Kondisi Gate 13 saat proses renovasi Stadion Kanjuruhan berlangsung, lokasi di mana terjadi banyak korban jiwa saat Tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober 2022. (Foto: Ashaq Lupito / JatimTIMES)

JATIMTIMES - Pintu 13 Stadion Kanjuruhan menjadi lokasi ditemukan korban paling banyak saat Tragedi Kanjuruhan. Atas pertimbangan itulah, hingga kini keluarga korban, khususnya keluarga korban meninggal masih sering berkunjung ke Gate 13 Stadion Kanjuruhan. Tujuannya untuk berkirim doa maupun sekedar mengenang kepergian almarhum.

Namun, seiring berjalannya waktu, tepatnya pada akhir 2023 lalu, markas Tim Arema FC tersebut akhirnya di renovasi. Beberapa spekulasi sempat muncul, satu diantaranya soal Gate 13 yang rencananya juga bakal dijadikan museum.

Baca Juga : Update Korban Kecelakaan Beruntun di Tol Halim, Netizen Ungkap Fakta Truk Sempat Tabrak Xpander

Kabar tersebut sontak menuai beragam kecaman dari sejumlah pihak, tanpa terkecuali keluarga korban Tragedi Kanjuruhan. Hingga akhirnya, pada pertengahan Maret 2024 lalu, Komisi X DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Malang. Yakni untuk melihat progres renovasi Stadion Kanjuruhan.

Dalam agenda tersebut, sejumlah pihak turut hadir dan melakukan pembahasan perihal renovasi Stadion Kanjuruhan. Diantaranya mulai dari Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri Faqih, Bupati Malang HM. Sanusi, hingga keluarga korban Tragedi Kanjuruhan juga turut menghadiri pertemuan yang berlangsung secara tertutup tersebut.

Hasil dari pertemuan itu, Gate 13 Stadion Kanjuruhan tak jadi dibongkar, direnovasi, ataupun dijadikan museum seperti wacana yang sempat santer sebelumnya. "Pada dasarnya kami keluarga korban ingin mempertahankan Gate 13 untuk sarana berdoa kami, bukan karena mistisnya atau lain sebagainya," ungkap salah satu keluarga korban meninggal, Nuri Hidayat.

Selain untuk sarana berkirim doa, Gate 13 Stadion Kanjuruhan tersebut juga diminta untuk dipertahankan guna merawat ingatan. "Supaya jadi pengingat, bahwa pernah terjadi Tragedi Kanjuruhan ini. Semoga tidak terulang lagi di tempat-tempat lain. Jadi bukan menolak pembangunan (renovasi Stadion Kanjuruhan), tidak, juga bukan karena faktor mistis," imbuhnya.

Diterangkan Nuri, Gate 13 Stadion Kanjuruhan merupakan saksi bisu saat Tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober 2022 lalu. Tercatat, sedikitnya ada 135 korban jiwa pada tragedi memilukan tersebut. Di Gate 13 itulah, tempat di mana korban meninggal dunia paling banyak ditemukan.

"Kebetulan di Gate 13, saat itu anak-anak kami paling banyak menjadi korban di sana. Sampai ada sekitar tujuh tumpukan (jenazah)," sebut Nuri.

Baca Juga : Long Weekend Jumat Agung, KAI Tambah 49 Perjalanan KA Jarak Jauh

Permintaan agar Gate 13 Stadion Kanjuruhan tidak dibongkar tersebut, akhirnya disetujui oleh sejumlah pihak. Satu diantaranya adalah disetujui oleh Bupati Malang HM. Sanusi.

"Dari Abah Sanusi (sapaan karib Bupati Malang) dapat kepastian Gate 13 tidak dibongkar. Alhamdulillah sekali, matur suwun (terimakasih)," ungkap Nuri.

Di sisi lain, Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri Faqih menuturkan, apa yang diminta keluarga korban, yakni Gate 13 Stadion Kanjuruhan tidak dibongkar tersebut tidak ada salahnya jika disetujui. Asalkan, tidak menggangu jalannya proses renovasi Stadion Kanjuruhan.

"Ketika ada permintaan atau harapan, kalau ini tidak mengganggu di pembangunan gedung (Stadion Kanjuruhan), kenapa enggak di akomodasi. Jadi ini saya kira keluhan masyarakat yang harus di akomodasi," pungkasnya dalam pernyataannya saat melakukan kunjungan kerja pada pertengahan Maret 2024 lalu.


Topik

Olahraga tragedi kanjuruhan gate 13 stadion kanjuruhan pembongkaran stadion kanjuruhan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ashaq Lupito

Editor

Dede Nana