Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Gaya Hidup

Vitamin C dan Niacinamide, Bolehkah Digunakan Bersamaan? Ini Penjelasan Dermatologis

Penulis : Mutmainah J - Editor : Nurlayla Ratri

23 - Mar - 2024, 07:45

Ilustrasi menggunakan serum. (Foto dari internet)
Ilustrasi menggunakan serum. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Kini telah banyak skincare dan produk kecantikan lainnya yang menonjolkan kelebihan dari kandungan-kandungan utama di dalamnya. Ada beberapa bahan aktif yang ramai jadi kandungan utama dalam berbagai produk skincare, salah satunya adalah Vitamin C dan Niacinamide.

Kedua bahan aktif ini menjadi primadona para kaum hawa karena kemampuannya yang bisa untuk mencerahkan. Untuk dapatkan hasil yang maksimal, tak jarang sebagian orang mengkombinasi kedua skincare yang mengandung bahan aktif ini. Namun, apakah menggunakan vitamin C dan niacinamide secara bersamaan diperbolehkan?

Baca Juga : Ini 7 Brand Fashion Muslim Pilihan Terbaik untuk Keluarga

Dilansir dari Cosmopolitan, Sabtu (24/3/2024), Melanie Palm, MD, dokter kulit bersertifikat di San Diego, CA memberi penjelasan. 

“Niacinamide dan vitamin C keduanya merupakan antioksidan dan antiperadangan,” terangnya. 

Apa Itu Niacinamide?

Niacinamide merupakan suatu bentuk vitamin B3, dapat memberikan manfaat ekstra bagi kulit.

“Pertama, ini dapat membantu kulit Anda membangun keratin, protein yang membantu mendukung pelindung kulit Anda dengan mempertahankan kelembapan dan melindunginya dari kerusakan lingkungan,” kata Dr. Palm.

Dalam produk skincare juga, niacinamide juga dapat meredakan peradangan, memperkecil tampilan ukuran pori-pori, mengatur produksi minyak, dan mengatasi produksi pigmentasi yang tidak normal, sehingga dapat meratakan warna kulit. 

Oleh karena itu, sering kali produk ini dipadukan dengan bahan aktif yang bisa mengiritasi, seperti retinol, untuk meredam efek sampingnya.

Apa Itu Vitamin C?

Vitamin C mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda, ya. Sebab, vitamin yang satu ini bisa menjadi "kunci" dalam memberikan manfaat bagi seluruh tubuh. Termasuk untuk kulit Anda.

Menurut Dr. Palm, vitamin C bisa berfungsi sebagai antioksidan yang berarti dapat melindungi kulit Anda dari radikal bebas, yang menyebabkan tanda-tanda penuaan. Tidak hanya menawarkan perlindungan terhadap radikal bebas yang disebabkan oleh paparan sinar matahari dan polutan, tapi ada juga manfaat vitamin C terbukti secara klinis.

Seperti misalnya dapat mencerahkan kulit, meningkatkan produksi kolagen, mengurangi hiperpigmentasi, memberikan perlindungan terhadap penuaan dini, dan mencegah kelemahan kulit. Maka tidak mengherankan bila pemakaian vitamin C dalam skincare kerap dijadikan sebagai holy grail dan tidak boleh Anda lewatkan begitu saja.

Bolehkan Niacinamide dan Vitamin C Dipakai Bersamaan?

Rupanya, gagasan bahwa vitamin C dan niacinamide tidak dapat bercampur adalah mitos belaka.

“Hal ini berasal dari penelitian awal yang menunjukkan potensi interaksi antara kedua bahan tersebut,” kata Claire Chang, MD, dokter kulit bersertifikat di New York City.

Baca Juga : Dari Gaya hingga Fungsi: Memahami Perbedaan Gamis dan Abaya

Penelitian awal tersebut menunjukkan bahwa kombinasi vitamin C dan niacinamide dapat menyebabkan pembentukan senyawa yang disebut asam nikotinat, yang dapat menyebabkan iritasi, kemerahan, dan kemerahan pada kulit.

"Namun penelitian ini telah ditingkatkan dengan penelitian terbaru yang menunjukkan bahwa interaksi antara kedua bahan ini minimal, dan kombinasi tersebut umumnya dapat ditoleransi dengan baik," kata Dr. Chang. 

Tidak hanya itu, keduanya juga bisa menjadi solusi ampuh mengatasi flek hitam dan perubahan warna pada khususnya. Vitamin C menghambat tirosinase, yang merupakan enzim penting untuk produksi melanin, atau pigmen, di kulit—dan dengan memblokir tirosinase. Selain itu, vitamin C juga bisa mencegah pembentukan pigmen berlebih.

“Sementara itu, niacinamide bekerja dengan mengurangi jumlah melanin yang ditransfer dan terakumulasi di kulit,” kata Dr. Chang.

Jadi setiap bahan bekerja dengan cara berbeda untuk mengurangi produksi pigmen berlebih, sehingga mencerahkan kulit dan meratakan warna kulit.

“Saya yakin kedua bahan ini memiliki manfaat sinergis untuk kulit, antara lain mencerahkan kulit, anti penuaan, dan efek antioksidan,” ujarnya.

Cara Menggunakan Niacinamide dan Vitamin C

Jika Anda mau menggunakannya dalam dua produk terpisah, ikuti saran lama dalam mengaplikasikan produk Anda. Di mana cobalah berdasarkan tekstur dari yang paling cair. 

"Misalnya, serum yang lebih ringan dapat diaplikasikan sebelum pelembap,” kata Dr. Chang. “Jika vitamin C Anda ada dalam serum dan niacinamide di pelembap Anda, Anda bisa menggunakan vitamin C terlebih dahulu baru kemudian pelembap yang mengandung niacinamide.”


Topik

Gaya Hidup Niacinamide vitamin C perawatan kulit


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Nurlayla Ratri