Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Hukum dan Kriminalitas

Kakek Asal Trenggalek Tilap N-Max di Tulungagung, Ditangkap di Nganjuk

Penulis : Anang Basso - Editor : Yunan Helmy

02 - Mar - 2024, 19:57

Tersangka J dan barang bukti motor.  (Foto : Dokpol for Tulungagung Times)
Tersangka J dan barang bukti motor. (Foto : Dokpol for Tulungagung Times)

JATIMTIMES - Makin nekat ulah pelaku kejahatan dalam menjalankan modus operandinya akhir-akhir ini. Di Kabupaten Tulungagung, terduga pelaku penggelapan motor merayu korbannya dengan modus meminjam.

Unit Reskrim Polsek Tulungagung Kota berhasil mengamankan pelaku, yakni seorang kakek berinisial J (60)  warga Dusun Pringapus, Kecamatan Dongko, Kabupaten Trenggalek, yang melakukan penggelapan sepeda motor dengan modus meminjam untuk menemui temannya.

Baca Juga : Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Semeru 2024, Polres Tulungagung Ungkap Turunnya Kepatuhan Berlalu Lintas

Kapolres Tulungagung AKBP Teuku Arsya Khadafi melalui Kasihumas Iptu Mujiatno mengatakan bahwa korban Trimandianto, (56) warga Kecamatan Campurdarat, Kabupaten Tulungagung, telah didatangi pelaku yang ingin diantarkan menemui temanya. “Antara pelaku dan korban baru kenal," katanya.

Pada hari Jumat tanggal 2 Februari 2024 sekitar pukul 10.00 WUB, Trimandianto dimintai tolong oleh J yang untuk mengantar ke Pondok Pelem yang beralamat di Kelurahan Botoran, Kecamatan Tulungagung.

"Alasannya untuk menemui teman terlapor yang berada di dalam pondok untuk mengambil uang," ujar Mujiatno, Sabtu (02/03/2024).

Sesampainya di lokasi kejadian, Trimandianto diturunkan di musala yang berada di dekat Pondok Pelem dan J meminjam sepeda motor untuk menemui temannya di dalam.

“Setelah menunggu sekira 15 menit pelaku tidak kembali ke tempat semula dan Handphone miliknya tidak dapat dihubungi. Kemudian pelapor mencari terlapor di area sekitar Pondok Pelem namun tidak ketemu hingga selanjutnya pelapor melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Tulungagung Kota," ungkapnya.

Usai mendapat laporan, petugas langsung melakukan serangkaian penyelidikan. Diketahui pelaku J merupakan residivis 4 kali dalam perkara yang sama.

Baca Juga : Polres Malang Disambati Warga Ponpes Soal Tingginya Kecelakaan Lalu Lintas

“Pelaku berhasil diamankan di wilayah Nganjuk beserta barang bukti sepada motor," bebernya. Motor yang dimaksud adalah Yamaha N-MAX milik Trimandianto yang berhasil dibawa kabur. 

"Kemudian pelaku dan barang bukti dibawa ke Polsek Tulungagung Kota untuk dilakukan proses hukum lebih lanjut," terangnya.

Adapun narang bukti yang diamankan 1 (satu) Unit Sepeda Motor beserta STNK dan BPKB Merk Yamaha Nmax warna putih nopol AG 5963 YAL, jaket warna hitam kombinasi merah dan tas warna hitam.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku J dikenakan pasal 378 dan atau 372 KUH Pidana tentang penipuan dan atau penggelapan.


Topik

Hukum dan Kriminalitas Kasus penipuan kasus penggelapan Polres Tulungagung Tulungagung


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anang Basso

Editor

Yunan Helmy