Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Kemenhub Bakal Gelar Program Mudik Gratis Lebaran 2024, Catat Jadwalnya!

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

02 - Mar - 2024, 14:23

Poster mudik gratis melalui Kereta Api. (Foto: instagram Kemenhub)
Poster mudik gratis melalui Kereta Api. (Foto: instagram Kemenhub)

JATIMTIMES - Setiap tahun, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggelar program Angkutan Mudik Gratis. Program ini digelar untuk mengantisipasi lonjakan masyarakat yang ingin mudik menggunakan kendaraan pribadi, terutama sepeda motor. 

Hingga berita ini ditulis, Sabtu (2/3/2024), kata kunci "mudik gratis" menjadi trending dalam penelusuran Google. Banyak masyarakat yang mencaritahu informasi mudik gratis 2024. 

Baca Juga : Usai OP Beras Murah, Diskoperindag dan Polres Cek Stok Pangan Jelang Ramadan

Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati, mengajak masyarakat untuk bergabung dalam program mudik gratis yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan tersebut.

"Selain penumpang, sepeda motornya juga akan kami angkut secara gratis, sehingga bisa digunakan untuk bermobilitas di tempat tujuan," kata Adita dalam keterangan resmi Kemenhub, dikutip Sabtu, 3 Maret 2024.

Dia juga mengimbau masyarakat agar tidak mudik menggunakan sepeda motor, mengingat potensi bahaya kecelakaannya sangat tinggi. Adita juga berharap masyarakat dapat menggunakan transportasi umum atau memanfaatkan program mudik gratis Kemenhub tersebut.

“Kami tidak bosan-bosannya juga mengimbau masyarakat agar seyogyanya tidak melakukan perjalanan jauh menggunakan sepeda motor, karena berpotensi tinggi terjadi kecelakaan. Kami berharap masyarakat mudik menggunakan angkutan umum atau memanfaatkan program mudik gratis ini," jelasnya. 

Menurut Adita, program Mudik Gratis tersedia melalui jalur darat, laut, serta kereta api, yang digelar di beberapa titik simpul transportasi. Berikut ini rincian program Mudik Gratis Kemenhub: 

 

1. JALUR DARAT 

- Ditjen Perhubungan Darat menggelar program “Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Bus dan Truk”

- Pendaftaran program Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Bus dapat dilakukan melalui aplikasi Mitra Darat

- Dibuka pada 5 Maret-3 April 2024

- Kuota arus mudik dan balik tersedia 722 unit bus untuk 30.088 penumpang, dan 30 unit truk untuk 900 unit sepeda motor.

- Keberangkatan arus mudik akan dilakukan pada 5 April-7 April 2024

- Keberangkatan arus balik akan dilakukan pada 14 dan 15 April 2024

 

2. JALUR LAUT 

- Ditjen Perhubungan Laut mengadakan program “Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kapal Laut” 

- Kuota untuk 9.800 penumpang dan 4.800 unit sepeda motor 

Baca Juga : Wisuda ke-79 Periode Pertama UIN Maliki Malang 2024, Mayoritas Lulusan Raih Cumlaude 

- Arus mudik dan balik diprediksi bakal berlangsung mulai 3-17 April 2024

 

3. JALUR KERETA API

- Ditjen Perkeretaapian menyelenggarakan program “Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kereta Api”

- Tiket kereta api bisa dipesan mulai 4 Maret-18 April 2024

- Kuota 28.196 penumpang dan 12.180 unit sepeda motor. 

 

Demikian jadwal Mudik Gratis melalui tiga jalur, darat, laut dan kereta api. Sebagai informasi, keberangkatan arus mudik akan dilakukan pada 2-8 April 2024, sedangkan keberangkatan arus balik akan dilakukan pada 13-19 April 2024.  

Sebagaimana tahun sebelumnya, BUMN dan perusahaan swasta juga banyak yang mengadakan program mudik gratis. Pada lebaran 2024 ini, Kemenhub juga berharap semakin banyak kementerian/lembaga, BUMN, perusahaan-perusahaan swasta, serta pihak lainnya, yang turut menyelenggarakan program mudik gratis agar semakin banyak masyarakat yang mendapatkan manfaat.

“Kami beraharap, tahun ini kian banyak BUMN dan perusahaan swasta yang mengadakan mudik gratis. Jika program mudik gratis semakin banyak, jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor dapat ditekan sehingga angka kecelakaan turun dan kepadatan di jalan berkurang," pungkas Adita.


Topik

Pemerintahan Mudik Gratis mudik lebaran 2024 idul fitri 2024 mudik lebaran kemenhub


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Sri Kurnia Mahiruni