Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Usai OP Beras Murah, Diskoperindag dan Polres Cek Stok Pangan Jelang Ramadan

Penulis : Wisnu Bangun Saputro - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

02 - Mar - 2024, 12:47

Kepala Diskoperindag dan Kapolres Situbondo saat mengecek stok pangan dan harga beras menjelang Ramadhan di Situbondo, Sabtu (2/3/2024). (Wisnu Bangun Saputro/ JATIMTIMES)
Kepala Diskoperindag dan Kapolres Situbondo saat mengecek stok pangan dan harga beras menjelang Ramadhan di Situbondo, Sabtu (2/3/2024). (Wisnu Bangun Saputro/ JATIMTIMES)

JATIMTIMES - Usai menggelar operasi pasar (OP) beras murah di Pendapa Aryo Situbondo, Diskoperindag bersama Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan dan Polres Situbondo melakukan pengecekan stok ketersediaan dan harga beras di tingkat selep atau penggilingan dan distributor yang ada di wilayah Kecamatan Panji Kabupaten Situbondo, Sabtu (2/3/2024).

Pengecekan dilakukan langsung oleh Kepala Diskoperindag Edy Wiyono, bersama Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Dadang Aries Bintoro, didampingi  Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, dalam rangka cek stok pangan dan harga di wilayah Situbondo mendekati bulan Puasa Ramadan dan Lebaran.

Baca Juga : Wisuda ke-79 Periode Pertama UIN Maliki Malang 2024, Mayoritas Lulusan Raih Cumlaude 

Salah satu lokasi yang dicek yaitu di penggilingan beras UD. Karunia yang berlokasi di Desa Panji Kidul Kelurahan Mimbaan Kecamatan Panji yang memproduksi beras medium sebanyak 20 sampai 25 ton setiap hari. 

Selain itu, rombongan juga menuju salah satu distributor beras Toko Rini Bangkit di Jalan Irian Jaya Kelurahan Mimbaan Kecamatan Panji diperoleh keterangan harga beras mengalami penurunan selama kurun waktu 2 minggu. Beras yang tersedia adalah merk Th 55, merk Onde-Onde, merk Th 88, merk Enak dan merk Cantik.

Sedangkan untuk stok beras di Toko Rini Bangkit yakni kemasan 25 Kg sebanyak 50 sak per merk, kemasan 10 Kg sebanyak 30 sak per merk, kemasan 25 Kg sebanyak 50 sak per merk dan kemasan 5 Kg sebanyak 100 Sak per Merk

Kepala Diskoperindag, Edy Wiyono mengatakan pengecekan ini dilakukan oleh Polres Situbondo bertujuan untuk memastikan stok pangan dan harga di wilayah Situbondo mendekati bulan Puasa Ramadan dan Lebaran nanti.

"Dari hasil pengecekan tersebut dipastikan bahwa stok ketersediaan beras aman mencukupi sedangkan harga gabah maupun beras mengalami penurunan dikarenakan sudah memasuki musim panen raya sehingga diprediksi harga beras ke depan akan terus mengalami penurunan," ujar Edy.

Baca Juga : Tanggapi Keluhan Warga Beras Mahal, Pemkab Situbondo Gelar Pasar Murah

Sementara itu Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto mengungkapkan, hasil pengecekan di selep atau pengggilingan dan distributor untuk stok beras mendekati bulan puasa sampai Lebaran nanti mencukupi dan harga beras sudah mulai mengalami penurunan.

"Setelah kami cek stok beras aman hingga Lebaran, dan untuk harga sudah mengalami penurunan, kita terus pantau agar masyarakat tidak mengeluh akan ketersediaan stok pangan dan harganya," ujar Kapolres Situbondo tersebut.


Topik

Peristiwa Operasi Pasar Pasar Murah Kabupaten Situbondo harga beras beras mahal


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Wisnu Bangun Saputro

Editor

Sri Kurnia Mahiruni