Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Pemkab Malang Peringati Isra Mikraj, Bupati Sanusi: Ini Menjadi Momen Muhasabah Diri

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : A Yahya

12 - Feb - 2024, 17:04

Bupati Malang HM. Sanusi (tengah memegang microphone) saat memberikan sambutan dalam gelaran peringatan Isra' Mi'raj di Peringgitan Pendapa Agung Kabupaten Malang, Senin (12/2/2024). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES) 
Bupati Malang HM. Sanusi (tengah memegang microphone) saat memberikan sambutan dalam gelaran peringatan Isra' Mi'raj di Peringgitan Pendapa Agung Kabupaten Malang, Senin (12/2/2024). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES) 

JATIMTIMES - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang menggelar peringatan hari besar Islam Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1445 Hijriah di Pringgitan Pendapa Agung Kabupaten Malang yang dihadiri tokoh agama, jajaran kepala organisasi perangkat daerah serta kepala instansi vertikal di Kabupaten Malang. 

Bupati Malang HM. Sanusi juga tampak hadir dan memberikan sambutan pada peringatan hari besar Islam Isra' Mi'raj. Dalam sambutannya, Sanusi menyampaikan, bahwa inti dari Isra' Mi'raj yakni manakala Nabi Muhammad SAW menerima perintah untuk menjalankan salat lima waktu dalam sehari. 

Baca Juga : Yuning Kartikasari, 20 Tahun Berkiprah di Gerakan Sosial Bersama Yayasan Anak Bangsa

"Sebagai tiang agama, salat merupakan wujud hubungan vertikal seorang hamba kepada Allah Subhanahuwata'ala dan menjadi dasar dari pembangunan kepribadian umat Islam," ujar Sanusi dalam sambutannya, Senin (12/2/2024). 

Pejabat publik yang merupakan alumnus IAIN Sunan Ampel (sekarang UIN Sunan Ampel) ini berpesan kepada seluruh jajaran perangkat daerah dan elemen masyarakat bahwa peringatan Isra' Mi'raj harus dijadikan momentum untuk bermuhasabah diri. 

"Oleh karena itu, peringatan Isra' Mi'raj hari ini marilah kita jadikan kesempatan untuk kembali melakukan introspeksi dan muhasabah diri," tutur Sanusi. 

"Apakah kita telah mengerjakan apa yang Allah wajibkan kepada kita? Apakah kita telah menjauhi segala hal yang Allah haramkan? Apakah kita telah melaksanakan salat pada waktunya?" imbuh Sanusi. 

Orang nomor satu di lingkungan Pemkab Malang itu mengajak seluruh umat Islam untuk senantiasa menjaga pondasi iman dan takwa agar tetap kokoh dalam menjalankan syariat Islam. 

"Karena sejatinya perjalanan spiritual melalui salat adalah salah satu sarana untuk peremajaan moral sekaligus sebagai perisai dalam menjauhkan diri dari perbuatan keji dan munkar," kata Sanusi. 

Baca Juga : UIN Malang Peringkat 1 Terbaik Kampus Islam Negeri Versi UniRank

Dengan adanya pembelajaran-pembelajaran dari peristiwa Isra' Mi'raj ini, pihaknya berharap, seluruh umat Islam dapat menjadi golongan yang dapat mengambil hikmah dari peristiwa Isra' Mi'raj. 

"Semoga kita semua termasuk dalam golongan umat yang selalu dapat mengambil hikmah dari peristiwa Isra’ Mi’raj ini dan mampu mengamalkannya dengan sebaik-baiknya," tandas Sanusi. 

Sebagai informasi, dalam kegiatan peringatan Isra' Mi'raj 1445 Hijriah di Peringgitan Pendapa Agung Kabupaten Malang, turut hadir Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Malang KH. Fadhol Hija, Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Malang KH. Khoirul Hafidz Fanani, dan Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Malang Sahid. 

Selain itu, turut hadir perwakilan dari Polres Malang, Kodim 0818/Malang-Batu, Ketua KPU Kabupaten Malang Anis Suhartini, Ketua Bawaslu Kabupaten Malang Wahyudi, serta kepala organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemkab Malang.


Topik

Pemerintahan Kabupaten malang Sanusi isra Mikraj bupati sanusi


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

A Yahya