Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Aspal Ambles di Kota Malang, DPUPRPKP Kota Malang Gercep Lakukan Perbaikan

Penulis : Hendra Saputra - Editor : Nurlayla Ratri

07 - Dec - 2023, 15:30

Kepala DPUPRPKP Kota Malang, Dandung Djulharjanto (paling kanan) saat melihat jalan ambles di Jalan Bandung. (Foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)
Kepala DPUPRPKP Kota Malang, Dandung Djulharjanto (paling kanan) saat melihat jalan ambles di Jalan Bandung. (Foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Aspal di Jalan Bandung, Kota Malang ambles pada Kamis (7/12/2023). Jalan yang ambles itu kini menyisakan lubang sebesar sekitar 2 meter dan kedalaman 5 meter.

Begitu mendapat laporan dari masyarakat, Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Pemukiman (DPUPRPKP) Kota Malang langsung terjun ke lokasi. Saat ini, petugas menutup area sekitar jalan ambles agar tidak dilintasi kendaraan. Dengan dibantu Satlantas Polresta Malang Kota dan juga Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang, arus pun mulai dilakukan pengalihan.

Baca Juga : Insiden 'Bom', Eks Wabup Blitar Rahmat Santoso Ikut Jadi Korban

Kepala DPUPRPKP Kota Malang, Dandung Djulharjanto menjelaskan bahwa di bawah jalan tersebut memang terdapat gorong-gorong. Kejadian ambles itu diperkirakan Dandung akibat sttruktur di bawah aspal aus atau susut, karena bangunan tersebut sudah ada sejak zaman Belanda.

“Diperkirakan itu aus memang dalamnya kalau melihat lubangnya seperti itu. Karena itu memang sudah ada sejak zaman Belanda,” kata Dandung.

Saat ini, pihaknya mengaku langsung memanggil alat berat untuk mengeruk lubang dari jalan yang ambles tersebut. Sembari menunggu pengerukan jalan itu, Dandung bersama tim juga akan mempelajari kondisi kerusakan yang ada untuk menentukan langkah penanganannya.

“Kami akan lihat dulu kondisinya, kemungkinan akan kami cor gorong-gorongnya,” ucap Dandung.

Alat berat saat melakukan pengerukan ke jalan ambles di Kota Malang (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)

Meski begitu, Dandung memastikan akan tetap mengaktifkan gorong-gorong yang ada di bawah jalan yang ambles tersebut. Kemudian menutup kembali agar akses jalan kembali normal.

“Tentu gorong-gorongnya kami hidupkan dulu, kami treatment dulu,” lanjut Dandung.

Untuk memperbaiki aspal yang ambles itu, Dandung mengaku akan menggunakan anggaran insidentil. Disinggung mengenai besarannya, Dandung mengaku belum mengetahui secara detail mengingat peristiwa baru saja terjadi.

Baca Juga : Trimedya PDIP Apresiasi Langkah Pengunduran Diri Eddy Hiariej: Contoh untuk Pejabat Lain

“Kami gunakan anggaran insidentil. Kalau untuk jumlahnya kami masih belum tahu, karena kami masih akan lihat dulu,” ungkap Dandung.

Sementara itu, ditanya tentang berapa lama pengerjaan perbaikan jalan ambles tersebut, Dandung memperkirakan kurang lebih dua pekan. Sebab, pengecoran gorong-gorong harus dilakukan secara maksimal.

“Kurang lebih dua minggu, karena matangnya cor itu kurang lebih satu minggu juga,” tukas Dandung.


Topik

Peristiwa Malang DPUPRPKP Kota Malang aspal ambles jalan bandung belanda


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hendra Saputra

Editor

Nurlayla Ratri