Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Serba Serbi

Kata Paling Banyak Dicari di Tahun 2023 Menurut Kamus Merriam-Webster

Penulis : Ghiska Ayu - Editor : Dede Nana

06 - Dec - 2023, 19:35

Foto : Getty Images
Foto : Getty Images

JATIMTIMES - Merriam-Webster, kamus tertua di Amerika telah mengumumkan “Word Of The Year” versi mereka. "Authentic" menjadi kata yang paling banyak dicari di tahun 2023 menurut kamus tersebut.

Peningkatan signifikan dalam pencarian online terhadap kata ini menjadi dasar pemilihan “Word Of The Year” tersebut. Menurut Merriam-Webster, minat terhadap kata ini dipicu oleh topik seputar kecerdasan buatan (AI), selebriti, identitas diri, dan media sosial.

Baca Juga : Jadi Tersangka, Wamenkumham Eddy Hiariej Ajukan Pengunduran Diri ke Jokowi

Salah satu alasan banyak orang mencari kata “authentic” adalah karena memiliki sejumlah makna, termasuk "not false or imitation” ("bukan palsu atau imitasi") dan juga "true to one's own personality, spirit, or character” (keaslian tentang kepribadian, semangat, atau karakter seseorang".

"Meskipun jelas merupakan kualitas yang diinginkan (sebagai “Word Of The Year”), 'authentic' sulit untuk didefinisikan dan menjadi objek perdebatan," kata Merriam-Webster kepada BBC.

Penerbit kamus tersebut menambahkan bahwa popularitas kata ini, yang sebelumnya sudah banyak dicari di Amerika Serikat, meningkat pesat di tahun 2023. Hal ini karena “authentic” dianggap memiliki makna yang tidak jelas antara 'asli' dan 'palsu'.

Merriam-Webster menambahkan bahwa meningkatnya minat terhadap keaslian teks, gambar, video, dan maupun AI, juga menjadi penyebab sulitnya mendefinisikan “authentic”.

Salah satu yang menjadi runner-up “Word Of The Year” versi Merriam-Webster adalah "deepfake". Kata ini biasa digunakan untuk menggambarkan video dan foto yang diubah menggunakan AI.

Baca Juga : Update Korban Erupsi Gunung Marapi: 23 Meninggal Dunia, 52 Selamat

Kata-kata lain yang menjadi populer pada tahun 2023 adalah "rizz". Istilah internet ini adalah singkatan dari “charisma” (karisma), yang berarti daya tarik atau pesona. Kata “rizz” menjadi populer setelah mantan Presiden Donald Trump didakwa dalam empat kasus hukum yang berbeda.

Sebagai tambahan, pada tahun 2022 lalu, “Word Of The Year” versi Merriam-Webster adalah "gaslighting". Istilah ini diartikan sebagai upaya untuk memanipulasi seseorang hingga meragukan realitas atau keyakinan mereka sendiri.


Topik

Serba Serbi kata paling dicari merriam webster word of the year


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ghiska Ayu

Editor

Dede Nana