Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Pasca Erupsi Gunung Marapi, Kawasan Tanah Datar Diterjang Banjir Lahar

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

06 - Dec - 2023, 07:07

Tampak salah satu jembatan di Kabupaten Tanah Datar diterjang banjir lahar. (Foto: @infosumbar)
Tampak salah satu jembatan di Kabupaten Tanah Datar diterjang banjir lahar. (Foto: @infosumbar)

JATIMTIMES - Pasca erupsi Gunung Marapi, beberapa kawasan di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Brata (Sumbar) diterjang banjir lahar sejak Selasa (5/12/2023) malam. 

Dalam video yang dibagikan akun Instagram @infosumbar, tampak banjir lahar memenuhi jembatan dan merendam salah satu rumah warga. "Terjadi banjir bandang beberapa daerah seperti Pariangan, Sialahan, Batu Basa, dan Sungai Jambu, Kabupaten Tanah Datar pada Selasa (5/12/2023) malam," tulis akun tersebut.

Baca Juga : Hujan Abu di Gunung Marapi, Warga Diimbau Kurangi Aktivitas Luar Rumah

"Informasi yang kami dapatkan, banjir bandang ini disinyalir merupakan lahar dingin dari erupsi Marapi yang mana saat ini sedang dalam cuaca hujan. Harap selalu berhati-hati dan waspada kepada dunsanak yang berada di dekat aliran sungai yang berhulu pada Gunung Marapi," imbuh keterangan akun @infosumbar. 

Sementara itu, Bupati Kabupaten Tanah Datar Eka Putra mengungkapkan debit air meningkat drastis di Batang Air Sigarungguang Nagari Baringin dan Batang Air Lona Nagari Parambahan. 

Selain itu, Nagari (desa) Pariangan banjir lahar juga menghantam lokasi pemandian air panas yang berada di kawasan Masjid Ishlah. Kemudian, di Nagari Batubasa, Kecamatan Pariangan, banjir lahar menerjang sebuah masjid serta rumah warga tepatnya di Jorong (dusun) Sialahan.

Selanjutnya, di kawasan Koto Baranjak, Nagari Baringin, Kecamatan Limo Kaum banjir lahar dingin menyebabkan sebuah jembatan putus, sehingga tidak bisa dilalui mobil bertonase besar.

Eka Putra pun mengimbau kepada masyarakat agar tidak panik dengan adanya banjir lahar tersebut. "Jangan panik. Dengarkan instruksi dari pihak berwenang. Jangan termakan isu, apalagi menyebarkan isu yang bisa membuat panik masyarakat," katanya, dikutip Antara, Rabu (6/12/2023). 

Baca Juga : Update Korban Erupsi Gunung Marapi: 23 Meninggal Dunia, 52 Selamat

Dia juga meminta kepada masyarakat Kabupaten Tanah Datar untuk bersama-sama berdoa agar erupsi Gunung Marapi tidak menimbulkan dampak yang besar.

"Semoga tidak memberikan dampak yang besar dan tidak menimbulkan korban jiwa atau kerugian harta benda bagi warga. Mari kita sama-sama berdoa," harap Eka.


Topik

Peristiwa Gunung Marapi gunung meletus gunung marapi meletus gunung berapi


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Sri Kurnia Mahiruni