Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Puluhan Pohon Tumbang Rampung Dipotong di Aliran Pusung Lading Kota Batu

Penulis : Irsya Richa - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

03 - Dec - 2023, 21:00

Tim gabungan saat melakukan pemotongan pohon di Sungai Pusung Lading, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. (Foto: Istimewa)
Tim gabungan saat melakukan pemotongan pohon di Sungai Pusung Lading, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. (Foto: Istimewa)

JATIMTIMES - Tim gabungan telah menuntaskan pemotongan pohon tumbang di aliran Sungai Pusung Lading, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Selama beberapa hari didapati puluhan pohon tumbang di jalur tersebut.

Dari hasil temuan Susur Sungai di sepanjang aliran hulu Kawasan Pusung Lading, Gunung Pucung di Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji, tim gabungan telah memotong puluhan pohon yang melintang di 54 titik di sepanjang aliran hulu Kawasan Pusung Lading sejak 20-30 November.

Baca Juga : Ribuan Anggrek Terbaik Hadir di Batu Shining Orchid Week 2023

Tim gabungan terlibat, mulai BPBD Kota Batu bersama Perangkat Desa Bulukerto, Perhutani, Tahura, PMI Kota Batu, FPRB Kota Batu, ORARI, Linmas Bulukerto, Agen Bencana Provinsi Jawa Timur, dan sebagainya.

Terlihat tim gabungan gotong royong melakukan pemotongan pohon yang tumbang, mulai dari ukuran yang kecil hingga besar dengan menggunakan sejumlah peralatan yang dibawa. Yakni dengan alat pemotong untuk mempercepat pemotongan pohon yang tumbang tersebut.

Dengan perkiraan setiap titik dari total 53 titik tersebut ada sekitar 1-3 material yang melintang. Hal ini berpotensi menjadi bendung alam jika tidak dibersihkan bisa saja terulang bencana banjir bandang pada November tahun 2021 silam.

“Tim gabungan melaksanakan pemotongan pohon yang tumbang di sepanjang Pusung Lading dalam rangka mitigasi titik yang berpotensi menyebabkan banjir bandang dalam menghadapi musim hujan 2023-2024,” ucap Kepala Pelaksana BPBD Kota Batu, Agung Sedayu, Minggu (3/12/2023).

Baca Juga : Viral, Pangkalan IDF Israel dan Puluhan Kendaraan Lapis Baja Dikuasai Hamas 

Sebelum melakukan pemotongan pohon tumbang, tim gabungan telah melakukan mitigasi dengan melihat kondisi bendung alam pada badan sungai yang ditimbulkan saat terjadinya banjir bandang tahun 2021 lalu. Mengingat musim penghujan sudah mulai tiba, sehingga diperlukan langkah-langkah antisipasi dan tindakan preventif.

“Kami berharap dengan adanya mitigasi ini menjadi upaya bersama dalam mencegah kejadian banjir bandang tidak terulang lagi,” harap Agung.


Topik

Peristiwa Pohon Tumbang kota batu angin kencang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Sri Kurnia Mahiruni