Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Hukum dan Kriminalitas

4 Kelompok Curamor di Jombang Diringkus, Salah Satunya Pasutri

Penulis : Adi Rosul - Editor : A Yahya

01 - Dec - 2023, 16:54

Para pelaku curanmor saat digelandang ke Mapolres Jombang. (Foto : Adi Rosul / JombangTimes)
Para pelaku curanmor saat digelandang ke Mapolres Jombang. (Foto : Adi Rosul / JombangTimes)

JATIMTIMES - Tim Satreskrim Polres Jombang berhasil meringkus 4 kelompok spesialis pencurian sepeda motor (curanmor). Salah satu kelompok yang diamankan adalah pasangan suami istri (pasutri).

Kasat Reskrim Polres Jombang AKP Sukaca mengatakan, pasutri pelaku curanmor yang berhasil ia ringkus adalah AP (28), warga Desa Pojok Kulon, Kecamatan Kesamben dan SD (28), warga Desa Bedalawak, Kecamatan Tembelang. Keduanya merupakan spesialis pencurian sepeda motor bermerek Yamaha.

Baca Juga : Saksi Ahli dari JPU Tak Hadir, Sidang Kasus Robot Trading ATG Ditunda

Dalam aksinya, SD bertugas mengawasi sekitar lokasi. Sedangkan suaminya, AP bertugas mengeksekusi sepeda motor dengan kunci palsu.

Aksi pencurian pertama kali dilakukan pasutri ini di wilayah Kecamatan Tembelang. Saat itu ia berhasil menggondol sebuah sepeda motor merek Yamaha berwarna hitam.

"Pasangan suami istri ini melakukan pencurian dengan sasaran Yamaha terkhusus, dengan menggunakan kunci palsu merek Yamaha," terangnya saat pers rilis di Mapolres Jombang, Jalan KH Wahid Hasyim, Jumat (01/12/2023).

Aksi pasutri ini berakhir di tangan polisi saat ditangkap pada Jumat (24/11/2023). Dari pengakuan pelaku, aksi curanmor sudah dilakukan sebanyak 10 kali.

Antara lain di Kecamatan Ngoro 1 kali, Kecamatan Jogoroto 3 kali, Mojowarno 1 kali, Megaluh 2 kali. Kemudian di Kecamatan Jombang, Kabuh dan Diwek, masing-masing 1 kali. "Dari kasus pelaku pasutri ini, kami berhasil mengamankan penadah atas nama MR (34) dan HS (33), keduanya warga Kediri," kata Sukaca.

Selain pasutri tersebut, polisi juga berhasil meringkus 3 kelompok lainnya. Antara lain, AS (33), warga Desa Ngogri, Kecamatan Megaluh. Dia melakukan pencurian sepada motor seorang diri sebanyak. Aksinya dilakukan di Kecamatan Sumobito, Mojoagung, Diwek dan Kecamatan Sooko, Mojokerto.

Baca Juga : Update Penemuan Jasad Pria Tewas di Kota Malang, Polisi Mintai Keterangan 11 Saksi

Kelompok kedua yaitu Ar (42), warga Desa/Kecamatan Peterongan, Jombang dan EA (24), warga Desa Bleberan, Kecamatan Jatirejo, Mojokerto. Para pelaku ini melakukan aksi curanmor sebanyak 30 kali di wilayah Jombang. Keduanya ditangkap pada Jumat (10/11/2023).

Selanjutnya, kelompok ketiga yang berhasil diringkus adalah AR (28) dan HS (32), keduanya warga Asem Rowo, Kota Surabaya. Kedua pelaku ini mencuri sepeda motor di Dusun Tebuireng, Desa Cukir, Kecamatan Diwek pada Sabtu (01/10/2023).

Keduanya berhasil ditangkap pada Senin (23/10/2023). Saat ini, seluruh pelaku dan penadah telah meringkuk di sel tahanan Mapolres Jombang. "Untuk pelaku curanmor kita jerat Pasal 363 KUHP dengan ancaman 7 tahun penjara," pungkas Sukaca.(*)


Topik

Hukum dan Kriminalitas polres jombang sukaca curanmor


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Adi Rosul

Editor

A Yahya