Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Hukum dan Kriminalitas

Saksi Ahli dari JPU Tak Hadir, Sidang Kasus Robot Trading ATG Ditunda

Penulis : Riski Wijaya - Editor : Nurlayla Ratri

01 - Dec - 2023, 08:58

Albert Evans Hasibuan.(Foto: Istimewa).
Albert Evans Hasibuan.(Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Sidang perkara Robot Trading Auto Trade Gold (ATG) yang semestinya digelar pada Rabu (29/11/2023) kemarin ditunda. Penundaan tersebut lantaran saksi ahli dari jaksa penuntut umum (JPU) tidak hadir untuk memberikan keterangan secara langsung atau secara offline. 

Untuk itu, sidang yang semestinya digelar di Ruang Cakra Pengadilan Negeri (PN) Kelas 1A Malang ini ditunda. Penundaan tersebut mendapat respon dari Albert Evans Hasibuan, tim penasehat hukum dua terdakwa, yakni Wahyu Kenzo (WK) dan Bayu Walker (BW).

Baca Juga : Harga BBM Non Subsidi Turun Per-1 Desember 2023, Jadi SeginiĀ 

Menurutnya dalam persidangan, majelis hakim yang dipimpin Arief Karyadi, SH, MHum, dengan anggota Mohammad Indarto, SH, Mhum dan Kun Triharyanto Wibowo, SH, MHum, meminta supaya saksi ahli dihadirkan secara ofline. Tujuannya, agar perkara ini bisa diselesaikan secara terang benderang. 

"Jadi, kami selaku penasehat hukum kedua terdakwa sangat mengapresiasi keputusan majelis hakim," ujar Evans, Jumat (1/12/2023).

Secara khusus dirinya pun bukan tanpa alasan memberikan apresiasi tersebut. Sebab pada kesempatan sidang sebelumnya, majelis hakim telah bersepakat untuk bisa menghadirkan saksi ahli secara offline. 

"Ini tadi itu saksi ahli dari pihak Raymond yang hadir. Kalau saksi ahli yang dihadirkan Jaksa untuk klien kami, hadir secara online dan majelis hakim pun menolak. Tapi jaksa belum bisa menghadirkan," ucap Evans.

Dirinya pun tak dapat memastikan alasan sang saksi ahli tak dapat hadir untuk memberikan keterangan secara langsung dalam persidangan. Dirinya pun mengaku bakal menyiapkan rencana untuk menghadirkan dua atau tiga saksi ahli yang merupakan pakar hukum dari beberapa universitas.

Baca Juga : Update Penemuan Jasad Pria Tewas di Kota Malang, Polisi Mintai Keterangan 11 Saksi

"Saksi ahli kenapa gak bisa hadir? Ya teknisnya dari jaksa. Rencana akan kami siapkan dua atau 3 ahli, tergantung sidang terakhir," terangnya.

Kendati demikian, dengan adanya penundaan ini, pihaknya mengaku bahwa tidak ada dampaknya. Secara prinsip, pihaknya akan tetap mengikuti keputusan majelis hakim. 

"Karena kebijakan dari majelis hakim. Kami ikuti keputusan majelis hakim dan sangat mengapresiasinya," pungkas Evans.


Topik

Hukum dan Kriminalitas Malang robot trading ATG wahyu kenzo persidangan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Riski Wijaya

Editor

Nurlayla Ratri