Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Anggota DPR Fraksi PDIP Ingin Erick Thohir Dampingi Ganjar di Pilpres 2024

Penulis : Mutmainah J - Editor : Yunan Helmy

05 - Jun - 2023, 15:19

Anggota Komisi VI DPR Fraksi PDIP Mufti Anam dan Erick Thohir. (Foto dari internet)
Anggota Komisi VI DPR Fraksi PDIP Mufti Anam dan Erick Thohir. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Anggota Komisi VI DPR Fraksi PDIP Mufti Anam mendoakan Menteri BUMN Erick Thohir menjadi calon wakil presiden atau cawapres mendampingi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Meski berharap penuh agar Erick Thohir menjadi pendamping Ganjar, Mufti menegaskan kewenangan menentukan cawapres ada di tangan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Baca Juga : Hanya 15 Menit, Presale Tiket Timnas Indonesia vs Argentina Sold Out

"Walaupun pimpinan PDIP (yang) memiliki hak prerogatif untuk menentukan wakil presiden, kami berdoa bapak bisa menjadi cawapres kami," ujar Mufti dalam raker dengan Kementerian BUMN, Senin (5/6).

Selanjutnya ia mengapresiasi  Erick Thohir atas laba besar yang dihasilkan perusahaan milik negara dan menghadirkan Timnas  Argentina untuk bertanding di Indonesia.

"Kedua, banyak salam dari masyarakat. Kami terima kasih sudah menghadirkan Timnas Sepak Bola Argentina, (padahal) baru megang PSSI, tapi bisa membuat AFF (SEA Games) juara," ucapnya.

Diketahui PDIP sejauh ini telah mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar Pranowo sebagai bakal capres yang akan diusung di Pilpres 2024. Namun hingga kini PDIP belum menentukan siapa cawapres yang akan mendampingi Ganjar.

Teranyar, Partai Amanat Nasional (PAN) menyatakan bakal berlabuh ke PDIP dan mengusung Ganjar Pranowo sebagai capres apabila Erick Thohir (ET) didapuk sebagai cawapres.

Menurut Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto, Erick Thohir memiliki 'modal' yang perlu dipertimbangkan para parpol dan koalisi untuk memenangkan Pilpres 2024. Salah satu modal yang dimaksud ialah menterengnya nama Erick Thohir di kalangan pecinta bola yang universal.

"Betul [ET jadi pertimbangan PAN ke PDIP]," kata Yandri di kompleks parlemen, Jakarta, Senin (5/6).

Baca Juga : Nakes Tolak Omnibus Law RUU Kesehatan di Depan Gedung DPR, Ancam Mogok Nasional

PAN tak hanya menawarkan hal itu kepada PDIP, namun juga kepada Gerindra. Yandri sebelumnya telah menilai dan meyakini baik Ganjar atau Prabowo akan menang jika cawapres yang mereka pilih adalah Erick Thohir.

Menurut Yandri, Erick merupakan sosok yang dibutuhkan bangsa sehingga harus mengikuti kontestasi 2024 mendatang. 

"Kalau mau menang, saya kira Pak Prabowo atau Ganjar mesti ambil Pak Erick Thohir untuk memenangkan kontestasi di 2024," kata Yandri dalam acara daring yang disiarkan melalui kanal Youtube Indikator Politik Indonesia, Minggu (4/6).

Sebagai informasi, ketiga calon presiden yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto sejauh ini belum ada yang mengumumkan terkait nama cawapres yang akan mendapingi mereka di Pilpres 2024. 


Topik

Peristiwa Erick Thohir cawapres bursa cawapres 2024 PDIP


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Yunan Helmy