Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kuliner

Rahasia 5 Tips Membuat Cake Lembut dan Moist

Penulis : - Editor : Redaksi

05 - Jun - 2023, 08:45

JATIMTIMES - Cake menjadi salah satu makanan yang disukai banyak orang. Makanan tersebut bisa disajikan di berbagai acara maupun dinikmati saat momen bersantai di rumah. Untuk membuatnya, diperlukan tips cake lembut dan moist.

Kue yang enak tidak hanya dilihat dari rasanya. Kenikmatan menyantap kue juga didapat dari teksturnya yang lembut. Jadi perpaduan antara rasa serta tekstur yang pas akan membuat cake menjadi sajian yang menggugah selera.

Baca Juga : 5 Cara Memilih Daging Sapi yang Baik 

 

5 Tips Membuat Cake Lembut dan Moist

Sebenarnya tidak hanya orang berbakat atau profesional saja yang bisa membuat kue enak dan lembut. Dengan berbekal resep dan tips yang tepat, semua orang dapat membuat kue lezat. Berikut adalah tips cake lembut dan moist yang bisa Anda ikuti dengan mudah.

1. Pilih Tepung yang Tepat

Tepung adalah bahan dasar untuk membuat berbagai jenis cake. Memilih tepung tidak boleh sembarangan karena jenis tepung menentukan tingkat kelembutan pada kue. Untuk membuat kue, sebaiknya pilih tepung dengan kandungan protein yang rendah.

Tepung berprotein rendah adalah bahan yang membuat kue lembut karena tepung jenis ini menghasilkan gluten yang rendah. Efek dari gluten yang rendah yaitu tekstur kue yang lebih lembut dan moist.

2. Campur Bahan dengan Benar

Selain pemilihan tepung, pencampuran bahan menjadi adonan juga menjadi kunci cake bertekstur lembut. Setiap bahan pembuatan kue harus dicampur secara berurutan sesuai dengan resep.

Pencampuran bahan selalu dimulai dari bahan kering seperti tepung. Selanjutnya, bahan cair seperti susu bisa dituang setelahnya. Seperti inilah cara tepat mencampur bahan termasuk dalam resep cake marmer lembut dan berminyak.

3. Atur Suhu secara Pas

Berbicara tentang suhu saat membuat kue tidak hanya tentang suhu oven sebagai alat panggang. Suhu bahan yang digunakan juga harus pas agar menghasilkan kue bertekstur lembut.

Tepung dan telur harus bersuhu ruangan. Sedangkan mentega leleh harus bersuhu hangat di kisaran 36-37 derajat saat dicampurkan ke adonan. Untuk pemanggangan, suhu oven harus merata agar kue matang sempurna.

4. Gunakan Baking Powder

Baca Juga : Wajib Coba! 7 Cemilan Olahan Oreo yang Hits dan Enak di Lidah 

 

Cake yang lembut juga memiliki tekstur yang mengembang. Kue yang mengembang berasal dari penggunaan baking powder. Tidak sekadar menambahkan, penting juga untuk mengukur secara tepat banyaknya baking powder.

Pemilihan baking powder juga tidak bisa asal-asalan. Sebaiknya pilih baking powder dengan kemampuan double action. Baking powder yang semacam itu bisa membuat kue mengembang secara lebih konsisten.

5. Gunakan Peralatan yang Kering

Banyak orang hanya fokus pada pemilihan bahan yang tepat serta langkah sesuai resep ketika membuat kue. Padahal memilih peralatan yang bersih dan kering juga penting dilakukan, termasuk wadah yang digunakan.

Wadah atau peralatan yang basah bahkan kotor menjadi penyebab kue gagal mengembang. Otomatis kue akan bertekstur keras dan rasanya jadi tidak nikmat. Apabila akan digunakan kembali, peralatan harus dicuci bersih dan dikeringkan dengan sempurna.

Selain tips cake lembut dan moist di atas, yang tak kalah penting adalah memilih bahan-bahan terbaik dan berkualitas. Bahan kue yang bagus dan berkualitas akan menghasilkan kue yang enak dengan tekstur yang sempurna.

Salah satu jenis kue yang harus dibuat dari bahan berkualitas agar hasilnya bagus adalah cake marmer. Jangan lupa juga untuk mengikuti resep cake marmer dengan bahan pilihan yang bisa Anda beli di Blibli.

Blibli merupakan e-commerce terlengkap yang menyediakan berbagai barang keperluan, termasuk untuk membuat kue. Semua produk bahan kue dijamin punya kualitas bagus serta harga yang bersaing. Dapatkan pula berbagai keuntungan lain saat belanja di Blibli, seperti diskon, cashback dan gratis ongkos kirim.


Topik

Kuliner 5 Tips Membuat Cake Lembut


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Editor

Redaksi