Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kuliner

Cara Memasak Daging Sapi agar Rendah Kolesterol

Penulis : - Editor : Redaksi

05 - Jun - 2023, 10:11

JATIMTIMES -  Apabila memiliki penyakit kolesterol, tetapi sangat ingin memasak daging merah pasti sangat membutuhkan tips memasak daging sapi rendah kolesterol. Hal tersebut dilakukan agar para penderita penyakit tersebut tetap bisa mendapatkan manfaat daging merah dalam makanan.

Dengan begitu, Anda tetap bisa mendapatkan menu bergizi seimbang setiap harinya tanpa khawatir kolesterol dalam tubuh melonjak. Selain itu, menu di rumah juga menjadi lebih variatif tanpa adanya halangan karena terbatasnya produk makanan untuk dikonsumsi.

Baca Juga : Ini Dia 5 Jenis Pelengkap Hidangan yang Gurih dan Bikin Tambah Nikmat! 

 

Untuk tips lebih lengkapnya mengenai cara memasak daging sapi yang rendah kalori, Anda bisa simak penjelasan berikut ini.

Intip Cara Memasak Daging Sapi agar Rendah Kolesterol!

Sebagai salah satu jenis daging merah, daging sapi memang memiliki kadar kolesterol yang cukup tinggi. Namun, dengan cara memasak yang benar, Anda tetap bisa menikmatinya bersama keluarga di rumah.

Sehingga menu makanan setiap harinya menjadi lebih bervariasi karena Anda tetap bisa menikmati hidangan daging. Agar Anda dapat menikmati menu tersebut dengan tenang berikut adalah tips memasak daging sapi rendah kolesterol:

1. Pilih Potongan Daging yang Rendah Lemak

Pilih potongan daging sapi yang rendah lemak seperti sirloin, tenderloin, atau eye of round. Hindari potongan daging yang memiliki banyak lemak marbling. 

Namun, untuk daging di Indonesia biasanya sangat jarang terdapat marbling. Sehingga bisa dikatakan jika kebanyakan daging sapi di Indonesia memang rendah lemak, tetapi tetap perhatikan beberapa bagian lainnya juga.

2. Hindari Penggunaan Minyak Berlebihan

Saat memasak daging sapi, hindari penggunaan minyak berlebihan. Gunakan hanya sedikit minyak sehat seperti minyak zaitun atau minyak kelapa untuk menggoreng atau menumis daging.

Hal ini juga berlaku ketika Anda menggunakan santan untuk memasak. Apabila terbiasa memasak daging dengan santan terlalu lama, maka akan menimbulkan minyak berlebih akibat santan yang berakumulasi menjadi minyak akibat pemanasan.

Sehingga apabila ingin memasak daging dengan santan, usahakan letakkan santan di akhir step memasak. 

Namun, jika Anda merasa santannya kurang matang, lebih baik memasak daging tanpa santan saja karena lebih baik menghindari sumber minyak berlebih.

3. Panggang atau Rebus

Baca Juga : Daftar Makanan Simpel yang Mudah Dibuat Anak Kos 

 

Pilihan metode memasak yang lebih sehat untuk daging sapi rendah kolesterol adalah dengan memanggang atau merebusnya. Panggang daging di atas grill atau dalam oven dengan sedikit minyak dan tambahkan rempah-rempah untuk memberikan rasa.

Jika direbus, tambahkan bumbu-bumbu alami seperti bawang putih, jahe, atau rempah-rempah untuk memberikan cita rasa. Selain menambah cita rasa, daging juga akan menjadi lebih empuk ketika direbus.

4. Hindari Penggunaan Saus Berlemak

Saat menyajikan daging sapi, hindari penggunaan saus yang tinggi lemak seperti saus krim atau saus mentega. Gunakan bumbu-bumbu alami seperti rempah-rempah, bawang putih, atau air lemon untuk memberikan rasa pada daging.

5. Sertakan Sayuran dan Sumber Serat

Untuk makanan yang sehat dan seimbang, sertakan sayuran segar dan sumber serat dalam hidangan daging sapi Anda. Sayuran yang direbus, dikukus, atau dijus segar dapat menjadi pelengkap yang sehat dan memberikan keseimbangan gizi.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat memasak daging sapi yang rendah kolesterol dan tetap menjaga hidangan Anda sehat dan lezat.

Salah satu resep masakan dengan kriteria cara memasak di atas adalah resep sop daging sapi yang menggunakan sayuran, rempah-rempah, dan tidak menggunakan santan sehingga sangat rendah lemak sekaligus bergizi.

Untuk bahan-bahannya sendiri bisa Anda dapatkan dengan mudah di Blibli.com, mulai dari daging sapi berkualitas hingga rempah-rempah segar. Selain itu, Anda juga dapat membeli persedian sayur mingguan.

Dengan Blibli, Anda bisa melengkapi kebutuhan menu harian agar gizi seimbang. Selain itu, Anda juga dapat mempraktikkan tips memasak daging sapi rendah kolesterol di atas melalui website Blibli.com


Topik

Kuliner Cara Memasak Daging Sapi


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Editor

Redaksi