Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kuliner

Ibu-ibu Merapat! Berikut Cara Membuat Kue Kering Lebih Renyah

Penulis : - Editor : Redaksi

05 - Jun - 2023, 10:38

sc: freepik
sc: freepik

JATIMTIMES - Cara membuat kue kering lebih renyah cukup mudah dengan memakai bahan yang terbaik. Selain itu, Anda perlu memperhatikan proses membuat adonan sampai memanggangnya. Dengan demikian, kue kering akan renyah dan gurih. Teksturnya tidak melempem dan juga tahan lama. 

Berikut Cara Membuat Kue Kering Lebih Renyah!

Kue kering adalah sajian wajib saat Hari Raya seperti Idul Fitri dan Natal. Orang banyak yang membelinya. Tapi tidak sedikit yang memilih membuat sendiri kue kering sebagai bagian dari tradisi hari raya. 

Baca Juga : Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Gubernur Khofifah Ajak Masyarakat Masifkan Aksi Nyata Kurangi Sampah Plastik

Kalau baru belajar buat kue kering, tentu tidak selalu berhasil. Kalau sering berlatih tentu dijamin hasilnya tidak keras. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk memastikan kue kering yang renyah. 

1. Perhatikan Suhu Bahan Kue

Suhu dapat mempengaruhi hasil akhir dari kue kering. Oleh karena itu, tempat penyimpanan bahan-bahan harus dalam suhu ruangan. Hindari meletakkannya di bawah panas terik matahari atau terlalu dekat dengan kompor. Walaupun tidak sengaja membuat suhu bahan kue jadi panas atau hangat, tapi bisa mempengaruhi kerenyahannya. 

Kue kering kerap memakai bahan seperti tepung, gula dan telur. Semua bahan tersebut biasanya ditaruh dalam suhu ruangan di dapur. Bahan seperti mentega dan keju kraft kerap disimpan di kulkas. Keluarkan dan biarkan di suhu ruangan agar tidak terlalu dingin. Dengan demikian, kue akan renyah disetiap gigitannya. 

2. Telur dalam Jumlah Tepat

Telur menentukan tekstur kue kering yang Anda buat. Terlalu sedikit akan membuatnya keras, kebanyakan juga tidak bagus. Cara membuat kue kering renyah adalah memakai telur sesuai resep dan tidak merubahnya. 

Perhatikan juga ukuran telur karena untuk telur yang besar mungkin Anda harus mengurangi jumlahnya untuk bisa mengikuti resep. Telur yang kecil juga perlu menambahkan jumlah telur agar bisa sesuai. 

3. Jangan Terlalu Banyak Menambahkan Tepung

Kalau sudah terbiasa, kita tidak membutuhkan resep. KIta bisa merasakan adonan dan bisa tahu apa yang perlu ditambah dan dikurangi. Terlalu banyak tepung akan membuat adonan jadi padat. Bisa dipastikan hasilnya akan keras. 

Anda bisa mengikuti resep, khususnya kalau tidak punya pengalaman. Bisa juga memasukkan tepung sedikit demi sedikit sehingga tidak terlalu banyak memakai tepung. Jangan lupa untuk mengayak tepung untuk menghindari penggumpalan pada adonan.

Baca Juga : 8 Menu Makanan Lebaran Paling Populer di Indonesia

4. Suhu Adonan Tidak Dingin saat Dipanggang

Resep kue kering ada bermacam-macam, kue nanas, kue coklat, dan kue kacang adalah beberapa di antaranya. Ada beberapa resep yang mengharuskan adonan kue kering didiamkan di lemari es, sebelum dipanggang. Lakukan tahapan ini dengan seksama. 

Anda bisa masukan adonan ke kulkas dan membiarkan dalam suhu ruangan sebelum memanggang. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari adonan terlalu dingin. Karena, suhu pada adonan dapat membuatnya keras setelah dipanggang.

5. Hindari Memanggang Kue Kering Terlalu Lama 

Proses panggang juga menentukan apakah adonan yang Anda buat akan gagal atau sukses. Pastikan durasi memanggang kue kering pas dan tidak terlalu cepat atau terlalu lama. Terlalu sering memeriksa adonan dengan membuka oven juga bisa mempengaruhi kematangan kue kering. Oleh karena itu, Anda perlu melihat resep dan tidak meninggalkan oven terlalu lama tanpa ada yang memonitornya. 

Itulah beberapa cara membuat kue kering lebih renyah dan enak. Ketahui bahan dan tahapannya untuk menghasilkan kue kering renyah dan anti gagal. Dapatkan semua bahan di aplikasi Blibli. Anda tidak perlu berbelanja dari toko ke toko untuk mendapatkan semua bahan kue. Ada Blibli yang akan mengantarkan bahan kue langsung ke alamat Anda. 

Buat berbagai kue kering seperti resep kastengel keju kraft dan beli bahannya di Blibli. Tinggal ikuti resep dan beli semua melalui aplikasi. Cara ini praktis dan mudah. Yuk! Berbelanja kebutuhan Abda hanya di Blibli. 


Topik

Kuliner resep kastengel kastengel


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Editor

Redaksi