Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Turun Drastis, Selama Mei 4 Kejadian Longsor Terjadi di Kota Batu

Penulis : Irsya Richa - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

04 - Jun - 2023, 19:00

Salah satu kejadian longsornya saluran irigasi di Kota Batu.
Salah satu kejadian longsornya saluran irigasi di Kota Batu.

JATIMTIMES - Berkurangnya curah hujan di Kota Batu berimbas pada kejadian bencana turun selama bulan Mei. Tercatat hanya 4 kejadian yang terjadi selama satu bulan.

Dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu 4 kejadian itu didominasi tanah longsor. Yang terjadi hanya di dua kecamatan.

Baca Juga : Terekam CCTV, Sejoli Ini Nekat Curi Kotak Amal Berukuran Besar di Kota Batu

“Tanah longsor selama bulan Mei hanya 4 kejadian di Kecamatan Batu dan Bumiaji,” ungkap Kepala Pelaksana BPBD Kota Batu, Agung Sedayu.

Dua kejadian tanah longsor itu di Kecamatan Batu yakni di Kelurahan Sisit dan Ngaglik. Dan dua kejadian di Kecamatan Bumiaji ada di Desa Sumber Brantas dan Desa Gunungsari. Sementara di Kecamatan Junrejo nihil kejadian bencana.

Akibatnya beberapa fasilitas umum terdampak kategori rusak berat, sedang, dan ringan. Dan rumah rusak sedang.

Jika dibandingkan selama bulan April terjadi 15 kejadian. Rinciannya 9 tanah longsor, 2 kejadian kebakaran bangunan, 1 kejadian atap atau bangunan runtuh, dan 3 kejadian angin puting beliung.

Baca Juga : Pemkot Batu Bakal Bangun Art Center Tahun 2024, Luasnya 3,5 Hektare

Selama masuk musim penghujan tanah longsor menjadi ancaman bencana di Kota Batu. Sementara pada musim kemarau, bencana yang mengancam adalah kebakaran hutan dan lahan.

“Puncak musim kemarau terjadi bulan Agustus, karhutla yang perlu diwaspadai melihat sebagian wilayah Kota Batu ada kawasan hutan,” tutup Agung.


Topik

Peristiwa Kebakaran Hutan musim kemarau kota batu karhutla longsor


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Sri Kurnia Mahiruni