Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

Tuntut Keadilan, Keluarga Korban Tragedi Kanjuruhan Tegaskan Golput Saat Pemilu

Penulis : Ashaq Lupito - Editor : A Yahya

03 - Jun - 2023, 20:31

Para keluarga korban saat menggelar doa bersama di depan Pintu Gate 13 sebagai wujud penolakan pembongkaran Stadion Kanjuruhan serta permintaan tuntutan keadilan. (Foto: Ashaq Lupito / Jatim Times)
Para keluarga korban saat menggelar doa bersama di depan Pintu Gate 13 sebagai wujud penolakan pembongkaran Stadion Kanjuruhan serta permintaan tuntutan keadilan. (Foto: Ashaq Lupito / Jatim Times)

JATIMTIMES - Keluarga korban Tragedi Kanjuruhan mengaku kecewa dengan Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo dan Ketua Umum (Ketum) PSSI Erick Thohir. Kekecewaan tersebut didasari janji usut tuntas Tragedi Kanjuruhan yang disampaikan oleh keduanya, tak kunjung terealisasi.

Akibatnya, keluarga korban tragedi Kanjuruhan kembali menegaskan akan golput saat Pemilihan Umum (Pemilu). Termasuk saat pesta demokrasi Pemilu 2024 mendatang. "Golput semuanya, sampai anak-anak kami mendapat keadilan. Kami semua golput, walaupun itu pemilihan presiden. Apapun itu pemilihan, kami tetap golput," tegas perwakilan keluarga korban tragedi Kanjuruhan, Rini Hanifah saat ditemui usai menggelar doa bersama di Pintu Gate 13 Stadion Kanjuruhan, Sabtu (3/6/2023).

Baca Juga : Bangga, Video Jawara Lomba Video Pendek Perumda Tirta Kanjuruhan akan Dijadikan Media Promosi

Pernyataan yang disampaikan oleh Rini juga ditegaskan oleh seluruh keluarga korban tragedi Kanjuruhan yang juga turut hadir dalam kegiatan doa bersama. "Terutama Pemilihan Presiden, karena presiden tidak memandang keluarga korban, meremehkan semua keluarga korban. Tidak ada keadilan di Arema ini. Mata hatinya tertutup semua, aparat-aparat, institusi pemerintah, semuanya tertutup matanya," teriak Rini dan para keluarga korban Tragedi Kanjuruhan.

Menurut mereka, sebelumnya keluarga korban Tragedi Kanjuruhan sempat bertemu dengan Presiden Jokowi. Dalam pertemuan tersebut, Jokowi berjanji akan mengusut kasus tragedi Kanjuruhan hingga tuntas dan seadil-adilnya.

Namun, hingga kini keadilan yang diharapkan oleh keluarga korban tak kunjung di dapatkan. "Presiden juga ingkar janji, dulu waktu dikumpulkan di (Rumah Sakit) Saiful Anwar katanya mau bantu usut tuntas. Ternyata mana ?, sampai sekarang stagnan di (laporan) model B," ucap Rini yang juga dibenarkan oleh keluarga korban tragedi Kanjuruhan lainnya.

Selain Jokowi, keluarga korban tragedi Kanjuruhan juga menyesalkan janji yang disampaikan oleh Ketum PSSI Erick Thohir. "Untuk yang terhormat Erick Thohir, waktu sebelum menjabat Ketua PSSI beliau menjanjikan akan mengikuti usut tuntas, tapi nyatanya mana?," ungkapnya.

Para keluarga korban meminta kepada pemerintah termasuk Ketum PSSI untuk merealisasikan janjinya. Yakni terkait tuntutan usut tuntas dalam tragedi Kanjuruhan yang telah merenggut nyawa 135 korban tersebut.

Baca Juga : Bangga, Video Jawara Lomba Video Pendek Perumda Tirta Kanjuruhan akan Dijadikan Media Promosi

"Bapak Erick Thohir yang terhormat, minta tolong pak, janji bapak ditepati. Kami keluarga korban membutuhkan janji bapak, bukan omong kosong. Setelah jadi Ketua PSSI, bapak nol, kosong," tukasnya.

Sebagaimana yang telah diberitakan, para keluarga korban mengunjungi Pintu Gate 13 Stadion Kanjuruhan pada Sabtu (3/6/2023). Maksud dan tujuan mereka adalah menggelar doa bersama serta mendesak agar tragedi Kanjuruhan di usut tuntas.

Selain berharap keadilan, para keluarga korban juga meminta agar wacana pembongkaran Stadion Kanjuruhan dibatalkan. Sebaliknya, keluarga korban berharap agar Stadion Kanjuruhan dijadikan sebagai museum. Tujuannya untuk mengenang para suporter Arema FC yang menjadi korban dalam tragedi Kanjuruhan.


Topik

Politik tragedi-kanjuruhan jokowi erick thohir kabupaten malang golput


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ashaq Lupito

Editor

A Yahya