Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Cerita Hubungan Seks saat Menstruasi Pakai Flex Disc, Seleb Tweet Ini Dirujak Netizen

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Yunan Helmy

03 - Jun - 2023, 10:25

Flex menstrual disc (foto: @catwomanizer)
Flex menstrual disc (foto: @catwomanizer)

JATIMTIMES - Bagi sebagian wanita, boleh tidaknya berhubungan seks saat menstruasi masih menjadi pertanyaan besar. Hal itu pun  menjadi perdebatan akhir-akhir ini di Twitter. 

Awal pemicu perdebatan di Twitter itu dimulai dari cuitan seorang seleb tweet dengan akun @catwomanizer atau Andrea Gunawan. Dalam cuitannya, pemilik akun mengaku nyaman mencoba berhubungan seks saat menstruasi pakai flex menstrual disc. 

Baca Juga : Utang Tetaplah Utang, Ini Doa agar Bisa Melunasinya 

"Akhirnya nyobain berhubungan seksual saat menstruasi pakai flex menstrual disc. Ternyata nyaman, gak ganggu aktivitas seksual sama sekali, bahkan gak “berasa”. Ternyata menstrual disc efektif jadi barrier supaya darah gak luber ke mana-mana," cuitnya. 

Lantas Andrea juga menganggap lucu netizen Indonesia yang menilai bahwa seks saat menstruasi buruk bagi kesehatan. 

"Funny how it seems like it’s only in Indonesia dibilangin bahwa period sex is bad for your health, whereas secara jurnal medis justru mengatakan banyak benefits dari period sex, termasuk relieving muscle cramps. (Lucunya sepertinya hanya di Indonesia dikatakan bahwa seks saat menstruasi buruk bagi kesehatan, padahal di jurnal medis justru mengatakan banyak manfaat dari seks saat menstruasi, termasuk meredakan kram otot)," ungkap Andrea. 

Meski begitu, Andrea memberikan solusi agar percaya pada pilihan masing-masing netizen saja. "Balik ke pilihan masing-masing aja ya kalo gitu. Kalau dirasa haram dan percaya bahwa period sex bahaya bagi kesehatan ya jangan dilakukan. Mudah solusinya," pungkas cuitnya. 

Sontak cuitan Andrea itu pun menuai beragam komentar dari warganet. Tak sedikit warganet yang merespons negatif cuitan Andrea. 

"Ga kebayang klo sampe ada cowo-cowo yg maksa hs sama cewenya pas on period padahal bahaya, akibat kemakan influence dari thread ini. Just keep in private aja harusnya," ujar @WSonshi**. 

"Cii, serius nanya ini aman? Soalnya tahun kmrn aku abis nemenin bolak balik RS kk sepupuku yg kena penyakit grgr mens blm selese tp udh di hajar sm suaminya. Jd gumpalan darahnya itu masuk ke rahim? Ak agak lupa persisny tp kurleb begitu. Akhirnya dia di operasi Cii..," ungkap @memi****. 

"Di US apa sih yang ga di akalin buat menerobos batas" manusia yang akhirnya berujung ga baik, cowo yg pingin jadi cewe aja paksa in bisa yang berujung mengundang penyakit lain. ini waktu mens di akalin pakai alat biar bisa ttp seks. kontrol lah nafsu dan egonya hanya seminggu," sambung @ghz***. 

"Saran: sabar sajalah sampai selesai, baru berhubungan badan. Lebih sehat dan simpel," kata @dawi****. 

Selain para netizen, salah satu dokter spesialis kebidanan dan kandungan yang berpraktik di Siloam Hospital Semanggi, dr Ardiansjah Dara Sjahruddin Sp.OG, MKes pun angkat bicara. Pria yang akran disapa dokter Dara itu menjelaskan risiko medis dari hubungan seks saat menstruasi. 

Baca Juga : Kecelakaan Kereta Api di India: 207 Orang Tewas dan 900 Luka-Luka

"Sebenarnya aman enggak sih berhubungan seksual saat menstruasi? Saya jelaskan ya, dan perlu diingat bahwa thread ini bertujuan untuk edukasi," kata dokter Dara mengawali utasnya. 

Menurut dokter Dara, melakukan hubungan seks saat menstruasi itu punya risiko besar karena bisa memunculkan penyakit. Misalnya infeksi pada vagina, iritasi, penyakit radang panggul, bahkan kista endometriosis. "Kista tersebut bisa saja mengganggu kesuburan dan menyebabkan sulit hamil," ujarnya. 

Meskipun hubungan seks saat menstruasi dilakukan dengan memakai gaya misionaris, kata dokter Dara, banyak darah yang masuk ke dalam rahim kembali. "Ngumpul di rongga perut, yang pada akhirnya bisa sebabkan kista," jelasnya. 

Ataupun disiasati menggunakan gaya doggy style atau berdiri pun, kata dokter Dara, hubungan seks saat menstruasi tetap saja amat berisiko. "Meski darah yang masuk enggak terlalu banyak, tapi kan malah berceceran," ungkapnya. 

"Silakan pertimbangkan dengan baik, resapi akibatnya, dan komunikasikan dengan pasangan tentang seks saat menstruasi, yang dari segi medis amat berisiko," pungkas dokter Dara. 

Sebagai informasi tambahan, flex menstrual disc adalah produk yang dapat dipakai selama hubungan seksual penetrasi. Produk ini terbuat dari bahan kelas medis, hipoalergenik dan terdaftar FDA. Cara meletakkan flex disc yakni ditaruh di atas saluran vagina di bagian terluas vagina, yang disebut forniks vagina. 

Produk ini mirip dengan flex menstrual cup. Hanya, flex menstrual cup bisa dipakai kembali. Sedangkan flex menstrual disc produk hanya sekali pakai.


Topik

Peristiwa Seks saat menstruasi bahaya seks saat menstruasi seks aman


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Yunan Helmy