Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Hiburan, Seni dan Budaya

Warga Rejopuro Gelar Ritual Adat Ithuk-Ithukan

Penulis : Nurhadi Joyo - Editor : Dede Nana

01 - Jun - 2023, 17:08

Prosesi Ritual Adat Tradisi Ithuk-ithukan warga dusun Rejopuro desa Kampunganyar kecamatan Glagah Banyuwangi (Disbudpar Banyuwangi for Jatim TIMES)
Prosesi Ritual Adat Tradisi Ithuk-ithukan warga dusun Rejopuro desa Kampunganyar kecamatan Glagah Banyuwangi (Disbudpar Banyuwangi for Jatim TIMES)

JATIMTIMES - Masyarakat suku Oesing memiliki bermacam ritual adat dan tradisi yang terjaga dan dilestarikan sampai saat ini. Salasatunya yang dilaksanakan oleh warga Dusun Rejopuro, Desa Kampunganyar, Kecamatan Glagah, Banyuwangi, Jawa Timur (Jatim) yang setiap tahun rutin menggelar ritual adat tradisi Ithuk-Ithukan.

Tradisi warga Rejopuro tersebut  merupakan bentuk ungkapan rasa syukur atas sumber mata air Mengarang yang ada di Dusun Rejopuro. Masyarakat setempat menggelar tradisi Ithuk-Ithukan setahun sekali tepatnya setiap 12 Dzulqa'dah.

Baca Juga : Peringati Hari Lahir Pancasila, Warga Kota Blitar Rebutan Tumpeng di Makam Bung Karno

Menurut sesepuh adat Dusun Rejopuro Sarino, ungkapan rasa syukur warga kepada Tuhan Yang Maha Esa atas sumber mata air yang dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Ini merupakan rasa syukur kami atas sumber mata air yang melimpah. Tentunya, ini merupakan berkah yang membawa manfaat bagi masyarakat sekitar sini." ungkap Sarino.

Prosesi ritual Ithuk-Ithukan diawali dengan mendoakan ithuk yang berisi nasi lengkap dengan lauk pecel pitik. Yakni, ayam dipanggang lalu disuwir-suwir kemudian dicampurkan dengan parutan kelapa yang diberi bumbu pecel. Ithuk diarak diiringi dengan kesenian Barong dan musik Kuntulan.

Para wanita dari Dusun Rejopuro berbaris rapi membawa ithuk-ithukan berjalan ke arah timur untuk membagikan ithuk kepada warga, lalu berputar arah berjalan ke arah barat menuju sumber mata air.

Sesampainya di sumber mata air lingkungan setempat, bekal ithuk pecel pitik tersebut dimakan bersama-sama. Menurut Sarino, tradisi ini sudah berjalan sejak zaman leluhur dusun setempar sekitar 1617-an.

Baca Juga : Upacara Pakai Baju Adat, Pemdes Bendosari Ajak Siswa Pedomani Pancasila

Tradisi ritual warga Rejopuro juga sebagai ajang silaturahmi antar warga dusun. Dalam tradisi Ithuk-ithukan setiap warga Dusun Rejopuro ikut serta menikmati ithuk-ithukan yang sudah diarak dan didoakan oleh tokoh adat.

Bahkan apabila ada warga yang sakit dan tidak bisa mengikuti upacara, ithuk-ithukan diantar ke rumahnya sehingga dalam tradisi ini terdapat nilai-nilai kebersamaan dan budaya berbagi masyarakat Oesing..


Topik

Hiburan, Seni dan Budaya tradisi ithuk ithukan tradisi oesing dusun rejopuro masyarakat oesing


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurhadi Joyo

Editor

Dede Nana