Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Hiburan, Seni dan Budaya

Meriahnya Kirab Bedhol Pusaka dan Festival Lentera di Kota Blitar, Sambut Hari Lahir Pancasila

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Nurlayla Ratri

01 - Jun - 2023, 12:28

Kemeriahan Kirab Bedhol Pusaka dan Festival Lentera di Kota Blitar.
Kemeriahan Kirab Bedhol Pusaka dan Festival Lentera di Kota Blitar.

JATIMTIMES - Peringatan Hari Lahir Pancasila di Kota Blitar benar-benar berlangsung meriah dengan digelarnya Kirab Bedhol Pusaka dan Festival Lentera, Rabu (31/5/2023) malam. Ribuan warga menyaksikan kemeriahan acara ini dengan memadati jalan-jalan utama di Kota Blitar.

Pantauan JATIMTIMES, Kirab Bedhol Pusaka dan Festival Lentera mengambil start dari Istana Gebang yang merupakan rumah keluarga Presiden pertama RI Ir Soekarno (Bung Karno) di Jalan Sultan Agung, Kecamatan Sananawetan. Peserta kirab berjalan melalui beberapa jalan utama dan finish di Kantor Wali Kota Blitar di Jalan Merdeka.

Baca Juga : Membanggakan, Prodi Siskom Unisba Sukses Raih Juara Lomba Inotek Kota Blitar 2023 

 

Seperti tahun-tahun sebelumnya, ribuan warga memadati jalan yang dilalui peserta kirab. Mulai dari Jalan Sultan Agung, Jalan Sudirman, Jalan Ahmad Yani hingga Jalan Merdeka. Kirab Bedhol Pusaka dan Festival Lentera yang digelar setahun sekali ini merupakan acara yang paling ditunggu-tunggu warga Kota Blitar.

Seperti yang sudah menjadi tradisi, kirab diawali dengan penyerahan pusaka berupa bendera merah putih, teks proklamasi, lambang burung Garuda oleh Wali Kota Blitar Santoso kepada pasukan bregodo. Selanjutnya, pasukan bregodo berjalan kaki mengarak pusaka dari Istana Gebang menuju Kantor Wali Kota Blitar. Di belakang pasukan bregodo terdapat pasukan paskibraka yang membawa bendera merah putih dan disusul kelompok drum band Bumi Bung Karno.

Malam hari lahirnya Pancasila di Kota Blitar semakin semarak oleh arak-arakan peserta Festival Lampion yang berjalan di belakang peserta kirab. Total ada 35 perwakilan dari sekolah dan OPD yang menjadi peserta Festival Lampion.

Para peserta Festival Lampion mayoritas menampilkan lambang negara burung Garuda dan beberapa ikon Kota Blitar seperti ikan koi dan kendang. Dekorasi yang menarik ditampilkan dengan mengusung semangat nasionalisme tanpa meninggalkan estetika.

Saat diwawancarai awak media, Wali Kota Blitar Santoso menyampaikan, Kirab Bedhol Pusaka dan Festival Lentera merupakan rangkaian kegiatan Grebeg Pancasila untuk memperingati Hari Lahir Pancasila.

Baca Juga : Ngaku Bisa Loloskan Rekrutmen PNS, Oknum Dishub Kabupaten Blitar Jadi Tersangka Penipuan 

 

"Rangkaian acara Grebeg Pancasila diawali dengan Kirab Bedhol Pusaka dan Festival Lentera. Selanjutnya kita akan menggelar upacara memperingati Hari Lahir Pancasila dan kirab gunungan lima dari Alun-alun menuju Makam Bung Karno," kata Santoso.

Santoso menambahkan, Kirab Bedhol Pusaka juga diikuti dengan Festival Lentera. Peserta Festival Lentera terdiri dari OPD dan pelajar. Festival Lentera merupakan bentuk sosialisasi Pemkot Blitar kepada masyarakat agar seluruh perilaku dan tindakan tanduknya dijiwai dengan Pancasila.

"Setelah upacara Grebeg Pancasila juga dilakukan kirab gunungan lima dari Alun-alun ke Makam Bung Karno. Gunungan lima dari hasil bumi ini melambangkan lima sila Pancasila," pungkasnya.


Topik

Hiburan, Seni dan Budaya Kirab pusaka Blitar


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Nurlayla Ratri