Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Patung Bunda Maria Mendadak Ditutup Terpal, Kemenag Kulon Progo Turun Tangan

Penulis : Mutmainah J - Editor : Nurlayla Ratri

24 - Mar - 2023, 11:33

Penampakan patung Bunda Maria yang ditutup dengan terpal. (Foto dari internet)
Penampakan patung Bunda Maria yang ditutup dengan terpal. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kulon Progo buka suara terkait video viral penutupan patung Bunda Maria di sebuah rumah doa di Kulon Progo, Yogyakarta. 

Kemenag meminta semua pihak terkait untuk bisa menguatkan komunikasi untuk menjaga kerukunan umat beragama.

Baca Juga : Hungaria Enggan Tangkap Putin Meski ICC Telah Keluarkan Perintah

"Kami dari Kemenag senantiasa bahwa setelah ada informasi terkait dengan pendirian rumah doa. Kemudian kami minta kepada penyelenggara Katolik untuk bisa melakukan sosialisasi agar segala sesuatu bisa dikomunikasikan dengan warga. Kemudian dilakukan proses sesuai dengan peraturan yang berlaku sehingga terwujud kerukunan dan kebersamaan di Kulon Progo," ujar Kepala Kantor Kemenag Kulon Progo, Wahib Jamil saat ditemui di Mapolres Kulon Progo, dilansir detikJateng, Jumat (24/3/2023).

Selanjutnya, Wahib mengatakan akan berkomunikasi mengenai perizinan rumah doa tersebut serta mengetahui tujuan pendirian rumah doa dan kegunaannya kelak.

"Jadi masih dikomunikasikan. Karena kami belum tahu terkait proses dari pihak keluarga (pemilik rumah doa) bahwa itu nanti peruntukannya untuk apa, akan digunakan untuk apa. Yang jelas kami mengharap untuk selalu dikomunikasikan dengan berbagai pihak sehingga pihak-pihak yang memiliki persepsi itu akan memiliki pandangan yang sama dan akan terwujud kerukunan," ucapnya.

Sebelumnya, heboh di media sosial mengenai video yang berisi proses penutupan Patung Bunda Maria di Rumah Doa Sasana Adhi Rasa S.T Yacobus, Dusun Degolan, Kalurahan Bumirejo, Kapanewon Lendah, Kulon Progo viral. Beredar narasi bahwa aksi ini akibat desakan dari organisasi masyarakat (ormas).

Atas adanya kehebohan tersebut, Polres Kulon Progo kemudian melakukan klarifikasi dengan pemilik rumah doa. 

Hasilnya, polisi membenarkan adanya penutupan patung Bunda Maria, tetapi bukan karena desakan ormas, melainkan inisiatif dari pemilik rumah doa.

Baca Juga : Viral, Wanita dari Malang Ini Minta Menpar Agar Tiket Dalam Negeri Dimurahin, Netizen: Setuju Bu

Hal senada disampaikan pengelola Rumah Doa Sasana Adhi Rasa ST Yacobus, Sutarno. Dia menyebut bahwa penutupan dilakukan atas inisiatif sendiri.

"Pada hari Rabu jam 09.00 WIB lebih saya menutup patung Bunda Maria di rumah doa ini atas inisiatif kakak saya Sugiharto, yang mana dia membangun di situ belum selesai. Masih menyelesaikan administrasi maka ditutup dulu jangka waktu 1 bulan untuk menyelesaikan nanti segala sesuatunya," ucap Pengelola Rumah Doa Sasana Adhi Rasa S.T Yacobus, Sutarno dalam jumpa pers di Mapolres Kulon Progo, Kamis (23/3).

Sutarno juga menekankan bahwa penutupan ini bukan karena desakan dari kelompok tertentu seperti yang viral di sosial media. Menurutnya langkah penutupan patung adalah bagian dari upaya menuntaskan proses pembangunan dan administrasi rumah doa.


Topik

Peristiwa Kulon progo patung bunda maria ditutup terpal kemenang ormas


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Nurlayla Ratri