Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Hiburan, Seni dan Budaya

Pameran Lukisan Bertajuk Tokoh Bangsa "Jupri Abdullah" Digelar di DKM Kota Malang

Penulis : Paskalis Lisa - Editor : Dede Nana

16 - Mar - 2023, 17:53

Lukisan Ganjar Pranowo yang berukuran 90x100 cm merupakan salah satu karya dari Jupri Abdullah yang dipamerkan di Gedung Dewan Kesenian Malang, Kamis (16/3/2023). (Foto: Paskal).
Lukisan Ganjar Pranowo yang berukuran 90x100 cm merupakan salah satu karya dari Jupri Abdullah yang dipamerkan di Gedung Dewan Kesenian Malang, Kamis (16/3/2023). (Foto: Paskal).

JATIMTIMES - Pelukis Jupri Abdullah menggelar pameran tunggal bertajuk Pameran Lukisan Tokoh Bangsa di Gedung Dewan Kesenian Malang (DKM), Kamis, (16/3/2023). Ada sebanyak 32 karya lukisan tokoh bangsa yang ditampilkan oleh pelukis asal Pasuruan ini.

Jupri Abdullah mengungkapkan sangat senang dapat menggelar pameran lukisan di Kota Malang yang sudah lama diimpikannya. “Pameran ini buka mulai 13 hingga 19 Maret 2023. Malang sebagai kota pertama untuk Pameran Tokoh Bangsa. Saya akan menggelar beberapa karya Tokoh Bangsa di beberapa kota dan pusatnya nanti di KPU Jakarta,” ungkapnya.

Baca Juga : Study Empiris 2023 PPM-SMA Surya Buana di Jogjakarta

Pameran Tunggal Tokoh Bangsa  ini merupakan lawatan yang ketiga. Pertama, pameran Tokoh Bangsa bertajuk politik pasangan Jokowi-JK yang dipamerkan di Jogja dalam konteks lukisan mini. Kedua, pesta politik Pikpers, di mana Jokowi mengandeng Ma’ruf Amin dan dipamerkan di empat kota yaitu Jakarta, Jogja, Bandung dan Surabaya.

Karya Tokoh Bangsa mulai dilukis Jupri sejak 2018 sampai sekarang. Di pameran Tokoh Bangsa di Malang, Jupri menghadirkan satu lukisan mini yaitu potret Kapolres Badung AKP Leo Dedy Defretes.

“Untuk proses lukisan mini itu saya kerjakan selama satu minggu. Proses lukis mini itu tidak mudah harus punya kekuatan secara imajinasi dan kekuatan secara potret. Medianya itu saya garap di atas akrilik dengan ukuran itu 5x6 cm. Beberapa lukisan saya juga dikoleksi oleh Jusuf Kalla, Raja Salman dan Obama yang berukuran 5x6 cm,” ujarnya.

Jupri juga mengatakan, rencana ke depannya ia akan memamerkan lukisan di Bali, Papua serta di Ibu Kota Negara (IKN). “Saya juga pernah mengikuti pameran di luar negeri yaitu di Kanada, Hongkong, Singapura dan Malaysia. Dan pameran saya di Singapura lukisan mini Monalisa Jawa menjadi rebutan antara kolektor Jepang dan Singapura dan pemenangnya itu kolektor Singapura. Ukuran lukisan Monalisa Jawa 3x4 cm,” tandasnya.

Baca Juga : Kisah Wartawati Perang Indonesia pada Era Kemerdekaan, Namanya Melegenda 

Ia juga mengharapkan dengan adanya pameran Tokoh Bangsa, masyarakat melihat secara nyata figur dan tokoh serta membangkitkan semangat seniman khususnya di Kota Malang.

“Saya berharap dengan pameran ini Tokoh Bangsa ini masyarakat dapat melihat figur dan tokoh yang mengikuti pesta politik pada tahun 2024. Serta untuk membangkitkan semangat seniman yang ada di Kota Malang,” pungkasnya.


Topik

Hiburan, Seni dan Budaya jupri abdullah lukisan tokoh bangsa dkm malang pameran lukisan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Paskalis Lisa

Editor

Dede Nana