Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

Matahari Bersinar di Ujung Timur Jawa Gambaran Kebangkitan PAN di Banyuwangi Songsong Pemilu 2024

Penulis : Nurhadi Joyo - Editor : Yunan Helmy

12 - Mar - 2023, 20:48

Politisi Senior PAN Banyuwangi H Juwaini SE menerima potongan tumpeng dalam konsolidasi organisasi di Glagah Banyuwangi. (Istimewa)
Politisi Senior PAN Banyuwangi H Juwaini SE menerima potongan tumpeng dalam konsolidasi organisasi di Glagah Banyuwangi. (Istimewa)

JATIMTIMES - Sekitar satu tahun sebelum pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Banyuwangi menggelar konsolidasi penguatan kader dan para bakal calon anggota legislatif (bacaleg) di Kafe Surya Futsal kelurahan Banjarsari, Kecamatan Glagah, Banyuwangi, pada  Minggu (12/03/2023).

Menurut Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN Banyuwangi Mukson Fadillah, jajaran pengurus PAN Banyuwangi telah mendesain rencana dan program pemenangan di tiap dapil Banyuwangi. Salah satunya adalah dengan menjadikan setiap kader sebagai relawan harapan untuk menuju Banyuwangi basis PAN.

Baca Juga : Banyuwangi Rebut Satu Emas dan Dua Perak di Kejuaraan Tinju Wali Kota Malang Cup 2023

"Setiap kader adalah basis relawan harapan. Itulah sebabnya kita membuat program Banyuwangi basis PAN. Desain ini bukan hanya untuk pemenangan pemilu legislatif (lileg), tetapi juga sebagai relawan pemenangan calon presiden (vapres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang diusung oleh PAN. Insya Allah. Sekaligus ini mengejawantahkan Jawa Timur basis PAN, hasil dari keputusan Rakorwil PAN Jatim," jelas Mukson Fadillah .

Sekretaris DPD PAN Banyuwangi lebih lanjut menuturkan susunan  bakal calon legislatif (bacaleg) PAN Banyuwangi untuk berkontestasi dengan parpol yang hampir rampung. Atas setiap langkah dan kebijakan yang dilaksanakan, jajaran pengurus akan terus melakukan evaluasi dan pembenahan sebagai proses capaian target yang ditetapkan. 

"Para bacaleg yang sudah kita siapkan tokoh-tokoh yang layak berjuang dan mewakili rakyat Banyuwangi. Namun demikian, DPD PAN Banyuwangi masih membuka kesempatan bagi siapa saja yang berminat untuk mengabdi dan membangun Banyuwangi dengan cara menjadi anggota DPRD.  PAN akan melakukan program pendampingan hingga terpilih sebagai wakil rakyat,” imbuh Mukson.

Sebagai salah satu bentuk kesiapan PAN menjadi kontestasi Pemilu 2024 mendatang, partai akan membantu menyiapkan pembiayaan para  saksi dan alat peraga kampanye (APK) agar setiap dapil nanti mampu meloloskan satu calon PAN menjadi anggota DPRD Banyuwangi.

Sementara politisi senior PAN Banyuwangi H Juwaini memberikan sedikit bocoran strategi dalam meraih suara. ”Kami sudah melakukan pertemuan langsung dengan masyarakat sifatnya door to door. Tetapi tidak mungkin semua warga akan ditemui secara tatap muka. Karena itu strategi digital juga diperlukan untuk memenuhi jumlah tingkat pengenalan para caleg," jelasnya.

 Selain menggelar konsolidasi internal bagi para kader, Juwaini menuturkan pihaknya juga tengah gencar kampanye politik jalan tengah yang diistilahkan dengan politik yang merangkul semua golongan.

Baca Juga : Gumpalan Awan Hitam Terlihat dari Tulungagung, Fenomena Erupsi Merapi?

"Kita memang bukan negara agama. Tapi, kebangsaan dan agama saling melengkapi berlandaskan pada moral agama dan menjadi rahmat bagi sekalian alam. Ini terus yang kami kampanyekan. Dengan jalan tengah itu kita bisa stabil karena support dan partisipasi aktif berbagai kalangan," tambahnya.

Lebih lanjut dia menambahkan  bagi parpol program kampanye itu penting. Dia mengibaratkan gerakan demikian dengan matahari bersinar seperti logo PAN.

"Matahari itu memberikan kasih sayangnya nggak membeda-bedakan. Siapa saja dapat kehidupan, sinar matahari itu sama," pungkas bacaleg DPRD Banyuwangi dapil satu tersebut.


Topik

Politik PAN Partai Amanat Nasional Banyuwangi


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurhadi Joyo

Editor

Yunan Helmy