Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Tidak Kuat Menanjak, Truk Bermuatan Kue Kemasan Terguling di Giripurno Kota Batu

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : Nurlayla Ratri

12 - Mar - 2023, 17:00

Tampak Truk bermuatan kue kering dengan nomor polisi S-9278-NE yang dikemudikan Subakti (48) terguling di tanjakan Jalan Raya Giripurno, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Minggu (12/3/2023). (Foto: Dok. Satlantas Polres Batu)
Tampak Truk bermuatan kue kering dengan nomor polisi S-9278-NE yang dikemudikan Subakti (48) terguling di tanjakan Jalan Raya Giripurno, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Minggu (12/3/2023). (Foto: Dok. Satlantas Polres Batu)

JATIMTIMES - Sebuah truk bermuatan kue kering dalam kemasan dengan nomor polisi S-9278-NE yang dikemudikan Subakti (48) warga Kabupaten Sidoarjo, terguling di tanjakan Jalan Raya Giripurno, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. 

Kanit Turjawali Polres Batu Ipda M. Huda Rohman menyampaikan, peristiwa tergulingnya truk bermuatan kue kering tersebut terjadi pada Minggu (12/3/2023) sekitar pukul 13.00 WIB. 

Baca Juga : Viral, Perempuan Hamil Bersuami 2, Netizen: Naudzubillah 

Penyebab utama dalam peristiwa kecelakaan tunggal tersebut yakni sopir atas nama Subakti hilang kendali atau out of control saat melintas di tanjakan Jalan Raya Giripurno, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. 

Huda menjelaskan, bahwa truk yang dikemudikan Subakti melaju dari arah timur ke barat melintasi jalan menanjak. Kemudian, truk yang dikemudikan Subakti tidak kuat menanjak, menyebabkan truk bermuatan kue kering dalam kemasan terguling. 

"Kendaraan yang dikemudikan Subakti tidak kuat untuk menanjak sehingga kehilangan kendali dan berjalan mundur serong ke kiri hingga mengakibatkan bagian belakang kanan truk berbenturan dengan bagian depan kiri mobil warna putih," jelas Huda, Minggu (12/3/2023). 

Usai berbenturan dengan kendaraan lain, truk yang dikemudikan Subakti pun terguling hingga menimpa kanopi teras rumah warga sekitar atas nama Dodik Krisdianto. 

Beruntungnya dalam peristiwa kecelakaan tunggal tersebut tidak menelan korban jiwa. Hanya kerugian materil pada truk, mobil serta kanopi teras rumah, yang ditaksir mencapai Rp 20 juta. 

Huda menyebut, saat peristiwa terjadi, jalur alternatif dari wilayah Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang menuju Kota Batu tersebut sempat terjadi kemacetan. Namun, setelah dilakukan proses evakuasi selama 1,5 jam, jalur alternatif tersebut kembali lancar. 

Baca Juga : Profil Koesni Harningsih, Istri Moeldoko yang Dikabarkan Meninggal Dunia

"Sempat dilakukan pengalihan arus lalu lintas bagi kendaraan kecil, namun untuk bus dan truk kita putar balikan. Saat ini jalan sudah kembali normal, karena sudah dilakukan evakuasi," terang Huda. 

Pihaknya pun mengimbau kepada seluruh pengendara agar tetap mematuhi peraturan lalu lintas. Utamanya bagi kendaraan yang memiliki muatan, diimbau agar tidak membawa muatan yang melebihi kapasitas kendaraan. 

"Kami mengimbau untuk kendaraan bermuatan berat agar tidak melewati Karangploso menuju arah Bendo Kota Batu, lebih baik untuk kendaraan bermuatan berat yang akan mengarah ke Bumiaji bisa melewati Karangploso menuju Pendem. Sehingga jalur tidak terlalu berisiko," tandas Huda. 


Topik

Peristiwa Kota Batu macet truk terguling wisata Bumiaji


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

Nurlayla Ratri