Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Viral, Pria Tak Dikenal Hendak Bubarkan Paksa Diskusi Soal Dampak Proyek PLTA Batang Toru

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

10 - Mar - 2023, 16:38

Suasana kisruh saat orang tak dikenal mencoba membubarkan diskusi (foto: @satupersepi)
Suasana kisruh saat orang tak dikenal mencoba membubarkan diskusi (foto: @satupersepi)

JATIMTIMES - Seorang pria tak dikenal mencoba membubarkan secara paksa diskusi publik yang diinisiasi oleh NGO Satya Bumi, pada Kamis (9/3/2023) siang. 

Sebagai informasi, pada NGO Satya Bumi menggelar diskusi bertajuk "Masa Depan Orang Utan Tapanuli dan Ekosistem Barang Toru". Diskusi itu dijadwalkan dimulai pukul 10.00 WIB dengan menghadirkan beberapa narasumber. Namun pada pukul 10.30 WIB, tiba-tiba beberapa orang tak dikenal mencoba membubarkan diskusi. 

Baca Juga : Sopir Diamankan Lebih Dulu, Sebelum Tangkap Ammar Zoni

Beberapa narasumber yang hadir dalam diskusi itu di antaranya, Manager Kampanye Hutan WALHI, Uli Arta Siagian; Anggota Komisi IV DPR RI, Daniel Johan; Peneliti Kehutanan Fakultas Kehutanan Universitas Sumatera Utara, Onrizal; Direktur Eksekutif Satya Bumi, Andi Muttaqin; Direktur Mega Proyek dan Energi Terbarukan PLN, Wiluyo Kusdwiharto; dan Jurnalis Jaring.id Tim Liputan Kolaborasi SIEJ, Abdus Somad. 

Dalam video yang viral diunggah oleh akun Twitter @satupersepi nampak seorang pria yang tak dikenal marah-marah dan minta diskusi dibubarkan. 

"Ga boleh, ga boleh intinya, ga boleh (diadakan diskusi)," ujar pria yang mencoba membubarkan forum diskusi itu. 

Terlihat juga seorang pria diduga panitia diskusi meminta penjelasan kepada pria tak dikenal itu mengapa diskusi harus dibubarkan. Namun pria itu hanya menjawab "ga boleh" tanpa menjelaskan alasan kenapa diskusi tak boleh diadakan.

Lantas sekitar 15 menit kemudian, pria tersebut hanya marah-marah hingga menabrakkan kursi, tanpa menjelaskan asal usul lembaga atau identitas dirinya terlebih dulu. 

Baca Juga : Tersandung Lagi Kasus Narkoba, Aktor Ammar Zoni Ditangkap Polisi  

Panitia pun segera membawa pria tersebut ke lantai bawah. Pria itu juga sempat tak terima, namun panitia memanggil petugas keamanan. Meski sempat ada kisruh, acara tetap berjalan hingga usai. 

Melansir Tempo.co, Ketua Society of Indonesian Environmental Journalists (SIEJ) Joni Aswira menjelaskan dari diskusi yang sempat dibubarkan oleh orang tak dikenal itu, akan memaparkan hasil temuan liputan yang menunjukkan fakta soal dampak proyek PLTA Batang Toru. 

Sebelumnya, NGO Satya Bumi bekerjasama dengan SIEJ untuk menggelar liputan yang melibatkan lima media nasional. Tim tersebut mendapati, hasil audit yang menunjukkan tidak beresnya proyek dan harga listrik yang harus ditebus PLN. Selain utu, muncul nama yang menjadi ultimate beneficial owner dari keberadaan PLTA Batang Toru. 


Topik

Peristiwa PLTA PLTA batang toru


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Sri Kurnia Mahiruni