Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Olahraga

Rizky Hidayat, Pebulu Tangkis Asal Surabaya yang Rasakan Gelar Juara di Tiga Negara 

Penulis : M. Bahrul Marzuki - Editor : Nurlayla Ratri

08 - Mar - 2023, 17:01

Rizky Hidayat (kanan) saat merasakan juara nasional di Singapura.
Rizky Hidayat (kanan) saat merasakan juara nasional di Singapura.

JATIMTIMES- Nama Rizky Hidayat Ismail kini mulai mencuri perhatian di dunia bulu tangkis. Apalagi, atlet asal Surabaya ini telah mengantongi sederet gelar juara di dalam dan luar negeri.

Pada JatimTIMES, Rizky Hidayat Ismail menceritakan perjalanannya di dunia olahraga tepok bulu ini. Dia awalnya mengaku mendapat panggilan mengikuti seleksi nasional (seleknas) di Pemusatan Latihan Nasional Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (Pelatnas PBSI) di Cipayung, Jakarta, Timur.

Baca Juga : Modal Rp 100 Miliar, Bank Jatim MoU Kerja Sama Bisnis dengan Bank NTB Syariah

“Saya dipanggil pada 2012. Saya bersama pasangan saya ketika itu, Riyo, yang sama-sama dari satu klub, Wima, Surabaya,” katanya.

Ketika itu, dia berpasangan dengan Ade Yusuf. Sayang, dari seleksi itu, tandemnya yang dipanggil. Alasannya cukup menyakitkan, postur tubuhnya dianggap kurang tinggi.

Dengan gagal masuk ke Pelatnas Cipayung, sebutan akrab Pelatnas PBSI, membuat pebulu tangkis kelahiran Ambon, Maluku, 13 Mei 1994 tersebut berpikir untuk keluar dari Indonesia.

“Saya mengikuti Liga Bulu Tangkis Malaysia selama tiga bulan. Setelah itu, saya ke Singapura untuk menjalani test untuk jadi pemain Singapura,” kata Rizky.

Ketika itu, Negeri Singa, julukan Singapura, dia dilatih Eng Hiang. Sosok yang pernah menyumbangkan medali perunggu ganda putra bagi Indonesia di Olimpiade Athena, Yunani, 2004. Sekarang, Eng Hian menjadi pelatih ganda putri di Pelatnas Cipayung.

“Dari Indonesia ada empat orang yang ikut seleksi. Selain  saya dari Wima, ada Yustian dari  Suryanaga, serta dua atlet Djarum Dandi dan  Rizki Susanto,” kenang Rizky.

Hanya, dari keempat atlet itu, ternyata yang diterima dia dan Rizki Susanto. Eng Hian langsung yang mengabari.

“Saat itu, saya lagi main di Sirnas (Sirkuit Nasional) Makassar. Saya langsung ke Singapura,” lanjut atlet yang memulai berlatih bulu tangkis di Ternate, Maluku Utara, tersebut.

Namun, di Singapura, Rizky hanya bertahan dua minggu. Pergantian pelatih dari Eng Hian ke pelatih Korea Selatan sangat berimbas.

“Pelatih Korea Selatan itu tidak mau pebulu tangkis dari Indonesia. Setelah itu, saya kembali ke Surabaya,” jelasnya.

Di Kota Pahlawan, julukan Kota Surabaya, Rizky berlatih di klubnya, Wima. Klub yang sudah diikutinya sejak usia 9 tahun atau setelah dia memutuskan meninggalkan Ternate untuk berlatih di Surabaya.

Baca Juga : Pengurus PBSI Kota Malang 2022-2026 Dilantik, Janji Sumbang Prestasi di Porprov

Pada 2015, Rizky kembali ke Singapura. Dia mendapat panggilan mengikuti seleksi kembali untuk menjadi lawan tanding bagi tim nasional negara itu.

“Saya diterima sekaligus bertugas sebagai asisten pelatih. Di Singapura, saya bertahan hingga 2020,” ujarnya.

Selama di sana, putra pasangan Ismal Samad dan Nurlaila Abbas ini juga merasakan menjadi juara nasional pada 2019. Ketika itu, dia berpasangan dengan Albert Saputra di ganda putra.

“Di ganda campuran, saya menjadi runner up berpasangan dengan Shinta (Mulia Sari, atlet asal Jogjakarta yang sudah menjadi warga negara Singapura). Kalau di Indonesia, saya juara 2010 di Bengkulu ketika berpasangan dengan Ade Yusuf,” kenang Rizky.

Shinta juga merupakan kakak dari istrinya, Citra Putri Sari Dewi. Rizky bertemu dengan perempuan pujaan hatinya itu saat sama-sama bergabung di pemusatan latihan Singapura. Keluarga Shinta pula yang menjadi pertimbangan Rizky memilih Australia sebagai negara tujuan berikut dalam berkarir bulu tangkis.

“Ada tawaran ke Amerika Serikat juga. Tapi, saya pilih Australia, ada kakak dari istri di sini,” jelas Rizky.

Hebatnya, di Negeri Kanguru, julukan Australia, Rizky juga menjadi juara nasional. Berpasangan dengan Hoang Pham di naik ke podium terhormat di ganda putra.

“Di ganda campuran, berpasangan dengan istri, saya menjadi runner-up,” pungkasnya. 


Topik

Olahraga bulu tangkis Rizky Hidayat Ismail Surabaya


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

M. Bahrul Marzuki

Editor

Nurlayla Ratri