Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Agama

4 Wanita yang Dapat Antarkan Anda Masuk Surga

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Dede Nana

05 - Feb - 2023, 07:40

Ilustrasi surga (pixabay)
Ilustrasi surga (pixabay)

JATIMTIMES - Pendakwah Mesir Sykeh Ramadhan Abdul Muiz menjelaskan terdapat 4 wanita yang dapat mengantarkan ke surga. Lantas siapa saja mereka? Simak penjelasannya yang diolah dari IslamPos.

1. Ibu 

Berbuat baik kepada orang tua, khususnya ibu mempermudah seseorang untuk masuk ke dalam surga. Ibu merupakan orang pertama yang harus dihormati. Seseorang anak harus memuliakan dan tidak durhaka kepadanya. .

Baca Juga : Politikus Pembakar Al-Quran Terciduk Lakukan Chat Mesum dengan Bocah Laki-Laki di Media Sosial

Sebagaimana hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan Al Bukhari/Adab Al Mufrad/sanadnya Hasan. "Wahai Rasulullah, siapa yang paling berhak aku perlakukan dengan baik? Nabi menjawab: Ibumu. Lalu siapa lagi? Nabi menjawab: Ibumu. Lalu siapa lagi? Nabi menjawab: Ibumu. Lalu siapa lagi? Nabi menjawab: ayahmu, lalu yang lebih dekat setelahnya dan setelahnya,".

Sementara, dalam hadis lain yang diriwayatkan An Nasa'i, Ibnu Majah dan Al Hakim, dijelaskan, “Dari Muawiyah bin Jahimah As-Sulami, Jahimah RA mendatangi Nabi Muhammad SAW dan berkata, ‘Aku ingin berperang bersamamu dan aku datang untuk meminta petunjukmu.’ Rasul bertanya, ‘Apakah kamu mempunyai ibu?’ ‘Ya,’ jawabnya. ‘Lazimkanlah ibumu karena surga berada di bawah telapak kakinya,".

2. Istri.

Berbuat baik dan memenuhi hak kepada istri juga menjadikan seseorang dimudahkan ke dalam surga. Dalam Al-Qur'an surah An Nisa ayat 19, Allah SWT berfirman:

"Dan pergaulilah istrimu dengan (akhlak yang) baik. Kemudian jika kamu tidak menyukai mereka, (maka bersabarlah) karena boleh jadi kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak".

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah bersabda, "Orang mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya dan sebaik-sebaik kamu adalah orang yang paling baik kepada istrinya" (HR Tirmidzi dan lainnya)

Baca Juga : Masih Ingat Kebaya Merah? Kasusnya hingga Saat Ini belum Disidangkan

3. Saudara Perempuan

Saudara perempuan menjadi salah seorang wanita yang mempermudah jalan seseorang menuju surga. Untuk itu, seorang muslim haruslah berbuat baik kepadanya. Syekh Ramadhan Abdul Muiz berkata : "Adapun yang ketiga, dia adalah saudara perempuanmu, bila kamu memiliki saudara perempuanmu dan engkau berbuat baik padanya, dia akan memasukkanmu ke surga karena kebaikanmu dan hubungan baikmu dengannya,".

Kemudian, hadist riwayat Ibnu Hibban dalam Shahih-nya, 2/190, "Siapa yang mempunyai tiga anak perempuan atau tiga saudara perempuan atau dua anak perempuan atau dua saudara perempuan lalu merawatnya dengan baik serta bertakwa kepada Allah atasnya, maka akan masuk surga".

4. Anak Perempuan

Hadist yang diriwayatkan Ibnu Hibban sebelumnya juga menjadi landasan. Seseorang mukmin yang memiliki anak perempuan dapat menjadikannya masuk ke dalam surga, apabila ia mendidik dengan baik sehingga anak tersebut taat kepada Allah SWT.


Topik

Agama


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Dede Nana