Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Olahraga

Perpani Banyuwangi Jaring Bibit-Bibit Potensial Panahan di Kejurkab

Penulis : Nurhadi Joyo - Editor : A Yahya

04 - Feb - 2023, 19:12

Kejurkab Panahan Banyuwangi Tahun 2023 di lapangan kecamatan Glagah Banyuwangi (Foto; Nurhadi Banyuwangi TIMES)
Kejurkab Panahan Banyuwangi Tahun 2023 di lapangan kecamatan Glagah Banyuwangi (Foto; Nurhadi Banyuwangi TIMES)

JATIMTIMES – Dalam upaya menjaring bibit-bibit potensial cabor panahan, pengurus kabupaten (Pengkab) Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Banyuwangi menggelar Kejuaraan Kabupaten (Kejurkab) Panahan Tahun 2023. Kekurkab Panahan ini semakin diminati masyarakat, terbukti dengan jumlah peserta yang terus meningkat dari ahun ke tahun.

Menurut Ketua Pengkab Perpani) Banyuwangi, Purwadi, tercatat  337 atlet peserta yang tampil dalam kejurkab Panahan yang diadakan di Lapangan kecamatan Glagah Banyuwangi selama 3 (tiga) hari pada 3 – 5 Februari 2023.

Baca Juga : Bupati Banyuwangi Sampaikan Nota Pengantar Ranperda Tentang Pencabutan 2 Perda

Dia menuturkan untuk kelompok Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) 113 putra dan 117 putri. Kemudian untuk SMP / MTs tercatat 33 atlet putra dan 27 peserta putri. Sedangkan untuk SMA/SMK/MA/Umum jumlah peserta total 47 yang terdiri dari 31 putra dan sisanya putri.

Sedangkan nomor yang dilombakan menurut Guru SD Negeri 1 Kalibaru tersebut adalah; paralon, tradisional, standart Bowe dan Bare Bowe.

Pria kelahiran Genteng itu menambahkan kejurkab panahan 2023 yang digelar merupakan ajang bagi anak-anak untuk mengukur hasil latihan yang dilakukan selama ini. Selain itu kejurkab salah satu agenda resmi Pengkab Perpani yang diadakan setiap tahun.

“Hal ini wajib dilaksanakan karena event-event semacam ini sangat ditunggu oleh anak-anak karena mereka berlatih cukup lama sebenarnya. Pada saat  pandemi Covid 19 cukup banyak telepon yang masuk ke pengurus panahan untuk meminta segera diadakan kejurkab,” jelas Purwadi saat di lapangan Glagah.

Pria berkumis itu menambahkan untuk stage IV tahun ini berjalan cukup baik. Adapun peserta kelompok SD dibagi dua kelompok A dan B, dimana kelompok A  adalah peserta didik kelas 1 sampai dengan 3. Sedangkan kelompok B siswa kelas 4 sampai dengan kelas 6.

“Alhamdulillah dari tahun ke tahun untuk pelaksanaan kejurkab cabor panahan ini cukup meningkat pesat, Hal ini menandakan bahwa sosialisasi dari perpani cukup berjalan dengan baik,” imbuh dia.

Baca Juga : Perbasi Kota Malang Targetkan Emas di Porprov VIII Jatim Tahun 2023

Dengan banyaknya peserta yang ikut, lanjut dia tentu menjadi kebanggan tersendiri karena di kabupaten Banyuwangi belum begitu banyak club panahan yang berdiri. Saat ini  ada sekitar 5 klub yang aktif, ini dengan jumlah peserta yang tahun ini mengalami peningkatan yang sangat luar biasa.

Menurut Alumni Uniba Banyuwangi pada Kejurkab sebelumnya di kecamatan Songgon jumlah pesertanya 220. “Alhamdulillah pada saat ini jumlah peserta sekitar 337, ini menandakan cabor  panahan sudah mulai banyak digemari oleh masyarakat di Banyuwangi target kita tidak lain sebagai bahan inventarisasi atlet bagi Perpani Kabupaten Banyuwangi,” tambah ayah dua anak tersebut.

Peserta Kejurkab Panahan Tahun 2023 berasal dari kecamatan Licin, Rogojampi, Glagah, Kecamatan Banyuwangi, Genteng, Songgon, Purwoharjo, Srono dan kecamatan Muncar

“Dengan menggelar even seperti ini tim pemandu bakat Perpani Banyuwangi akan menjaring bibit-bibit potensial atlet panahan yang akan mengikuti program latihan yang dilaksanakan rutin setiap akhir pekan untuk menghadapi kejuaraan di tingkat Jawa Timur (Jatim) maupun even panahan yang lain,” pungkas Purwadi.


Topik

Olahraga


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurhadi Joyo

Editor

A Yahya