Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Serba Serbi

Unik, Wisudawan di Kampus Jepang Dibolehkan Pakai Kostum Cosplay 

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : A Yahya

03 - Feb - 2023, 08:03

Wisudawan di Kyoto Jepang memakai Cosplay kucing pada anime Chi's Sweet Home saat menerima piagam kelulusan (foto:Facebook komedian, Dwarf Mamba)
Wisudawan di Kyoto Jepang memakai Cosplay kucing pada anime Chi's Sweet Home saat menerima piagam kelulusan (foto:Facebook komedian, Dwarf Mamba)

JATIMTIMES - Fenomena unik baru-baru ini terjadi di Universitas Kyoto. Ya, salah satu universitas terbaik di Jepang itu mengizinkan para mahasiswanya untuk menggunakan kostum ‘cosplay’ saat wisuda. 

Bukan hanya sekali, tradisi tersebut bahkan telah dilakukan secara turun temurun. Hal itu seperti disampaikan akun Facebook komedian, Dwarf Mamba. 

Baca Juga : Wow, Toko ini Masih Koleksi Lengkap Produk-Produk Jadul, Netizen Bernostalgia

“Universitas Kyoto mengizinkan mahasiswa memakai apapun yang mereka inginkan untuk upacara kelulusan,” tulis keterangan foto tersebut. 

Tentu saja fenomena unik yang terjadi di Universitas Kyoto itu berbanding terbalik dengan prosesi wisuda di berbagai kampus di Indonesia. Lantaran di Indonesia dianggap terlalu kaku dan formal. 

Nampak dalam foto yang diunggah akun tersebut, beberapa wisudawan menampilkan kreativitas mereka. Terlihat ada mahasiswa yang mengenakan topeng hijau, alien, pengantin lengkap dengan foto sang pasangan, robot hingga menjadi kucing pada anime Chi's Sweet Home.

Direktur komunikasi global Universitas Kyoto, David Hajime Kornhauser, menyampaikan tradisi tersebut merupakan bentuk sikap ‘anti-otoriter’.

"Saya tidak memakai jubah saat wisuda di Amerika. Jadi bagi saya, itu hal wajar sebenarnya. Dan dengan kata lain, itu semacam preferensi pribadi, apakah orang ingin menjadi semacam tradisional atau hanya melakukan sesuatu untuk mengekspresikan diri mereka," tuturnya.

Baca Juga : Awal Februari, Kabupaten Malang Rawan Pohon Tumbang

Hal yang sama pun dilakukan oleh Universitas Kanazawa, Jepang. Para mahasiswa diperbolehkan mengenakan kostum apapun yang mereka inginkan saat upacara kelulusan kampus tersebut.

"Jadi sepertinya ada banyak orang melakukannya, tapi sebenarnya, menurut saya, mungkin hanya orang-orang yang berada di depan, lalu sebagian besar lulusan kurang lebih (memakai pakaian) tradisional," imbuh David.


Topik

Serba Serbi


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

A Yahya