Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Wali Kota Sutiaji Terima Ijazah Kitab Ratibul Haddad dan Syawariqul Anwar dari KHR Achmad Azaim

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : Dede Nana

12 - Jan - 2023, 20:08

Wali Kota Malang Sutiaji saat mengikuti kegiatan halaqah ilmi dan syarah ijazah pengajian kitab Ratibul Haddad dan Syawariqul Anwar bersama Pengasuh PP Salafiyah Syafi'iyah Situbondo KHR Achmad Azaim Ibrahimy di Kantor PCNU Kota Malang, Kamis (12/1/2023). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Wali Kota Malang Sutiaji saat mengikuti kegiatan halaqah ilmi dan syarah ijazah pengajian kitab Ratibul Haddad dan Syawariqul Anwar bersama Pengasuh PP Salafiyah Syafi'iyah Situbondo KHR Achmad Azaim Ibrahimy di Kantor PCNU Kota Malang, Kamis (12/1/2023). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Wali Kota Malang Sutiaji menerima ijazah Kitab Ratibul Haddad dan Syawariqul Anwar dari Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Salafiyah Syafi'iyyah Situbondo KHR Achmad Azaim. 

Ijazah tersebut didapat Sutiaji ketika menghadiri undangan pengajian halaqah ilmi dan syarah ijazah Kitab Ratibul Haddad dan Syawariqul Anwar di Kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) secara virtual, Kamis (12/1/2023). 

Baca Juga : Hadiri PAW Pujiono, Wali Kota Kediri Berharap Lanjutkan Perjuangan dan Sejahterakan Masyarakat Kota KediriĀ 

"Kita menghadiri undangan. Memang saya kepingin ijazahnya itu, amalan ratib mengurut keseharian, bagaimana kita membentengi dari paham-paham yang tidak menurut ajaran agama Islam. Jadi wahdaniyah mentauhidkan diri kita kepada Tuhan yang Maha Kuasa," ujar Sutiaji kepada JatimTIMES.com. 

Orang nomor satu di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang ini menyampaikan, bahwa dengan mengamalkan ijazah Kitab Ratibul Haddad dan Syawariqul Anwar, maka akan memberikan dampak banyak bagi yang mengamalkannya. 

"Kita hidup di dunia ini tidak transaksional, hidup di dunia ini sambil sandar kepada tuhan. Sehingga kita harus berkarya dan ini ada kolerasinya dengan pemerintahan," tutur Sutiaji. 

Karena menurutnya, ketika hubungan seorang manusia bagus dengan Tuhannya, maka secara otomatis hubungan manusia dengan manusia lainnya akan bagus. 

Untuk diketahui, kegiatan halaqah ilmi dan syarah ijazah Kitab Ratibul Haddad dan Syawariqul Anwar di Kantor PCNU Kota Malang ini digelar oleh Ikatan Santri Alumni Salafiyah Syafi'iyah (IKSASS) dan Ikatan Mahasiswa Alumni Salafiyah Syafi'iyah (IKMASS) Malang Raya.

Ketua IKSASS Malang Raya Ahmad Asy'ari menjelaskan, terkait ijazah dalam halaqah ilmi dan syarah ijazah berbeda konteksnya dengan pendidikan formal biasanya. Syarah Ijazah yang dimaksud yakni bentuk perizinan dari guru atau kiai kepada para santri untuk mengamalkan amalan yang bermanfaat bagi dunia dan akhirat.

Baca Juga : Pelaku Perampokan Rumah Dinas Tertangkap, Wali Kota Blitar Enggan Tanggapi Kaitan Isu Politik

"Tradisi di NU, ijazah itu diturunkan dari sanad Rasullullah, oleh seorang guru atau Kiai. Jadi secara adab, di NU itu akan menyambung dari guru ke guru sampai ke Rasulullah," terang Asy'ari. 

Meskipun kegiatan halaqah ilmi dan syarah ijazah tersebut digelar oleh IKSASS dan IKMASS Malang Raya, namun syarah ijazah dari Kitab Ratibul Haddad dan Syawariqul Anwar yang diberikan langsung oleh Pengasuh Ponpes Salafiyah Syafi'iyah Situbondo KHR Achmad Azaim diperuntukkan bagi masyarakat umum yang berkeinginan untuk mengamalkannya. 

"Beliau ini murid Sayyid Muhammad Bin Alwi Al-Maliki dari Makkah Mukaromah. Jadi InsyaAllah sanadnya nyambung ke Rasulullah. Jadi ini (pemberian ijazah) secara lisan. Beliau sudah (menyampaikan) Ajaztukum, kemudian (jamaah) bilang Qabiltu. Maka itu sudah boleh mengamalkan itu," pungkas Asy'ari. 


Topik

Pemerintahan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

Dede Nana